//

TEKNOLOGI PERTANIAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI DAN BUDAYA MASYARAKAT DI KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irva Zahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Irva zahara. 2017. Teknologi Pertanian Dan Pengaruhnya Terhadap Ekonomi Dan Budaya Masyarakat Di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar 1985-2016. Skripsi, Program StudiPendidikanSejarah, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, UniversitasSyiah Kuala. Pembimbing: (1)Drs. Anwar Yoesoef. M,Si. (2)Nurasiah,S.pd.M.Pd. Kata Kunci: Teknologi, Pertanian, Pengaruh. Indonesia merupakan negara yang agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencarian di sektor pertanian, sehingga pertanian memegang peranan penting dalam perekonomian. Demikian juga dengan masyarakat di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani.Pengunaan Teknologi modern yang berhubungan dengan alat-alat mesin pertanian, sedikit demi sedikit telah membawa pengaruh terhadap peranan dari peralatan tradisional dan perubahan ekonomi sertabudaya di masyarakat Montasik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji teknologi pertanian yang telah ada dan umumnya digunakan oleh masyarakat di kecamatan Montasik, Aceh Besar dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sebelum dan sesudah adanya teknologi pertanian terhadap perkembangan ek onomi dan budaya masyarakat di Kecamatan Montasik, Aceh Besar. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode sejarah. Sumber data yang digunakan adalalah sumber primer berupa hasil wawancara dan sumber sekunder yaitu dokumentasi, buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan teknologi pertanian di kecamatan Montasik telah membawa perubahan ekonomi dan budaya masyarakat dibandingkan sebelum penggunaan teknologi petanian modern.Teknologi pertanian seperti Traktor, pembangunan irigasi, pengggunaan bibit unggul dan Pestisida telah meningkatkan hasil produksi padi, hal ini bisa dilihat dari tingkat kesejahtraan masyarakat petani dalam berbagai bidang segi kehidupan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASIRN(SUATU PENELITIAN DI DESA LAMPASEH KRUENG KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR) (Dessi Ulandari, 2014)

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG EKSISTENSI PENGEDAR NARKOTIKA DI GAMPONG MON ARA KECAMATAN MONTASIK (SUATU ANALISIS TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL) (Baharuddin , 2016)

MODERNISASI PERTANIAN PADA PETANI PADI DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Fatthaya, 2017)

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PETANI PADI DI GAMPONG EMPE ARA KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESARRN(SUATU PENELITIAN DI GAMPONG EMPE ARA ACEH BESAR) (RIZKI AULIA, 2014)

ANALISIS PENDAPATAN MASYARAKAT PETERNAK SAPI DIKECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (jenni mulyadi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.