//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HILDA RESTINA - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hilda Restina. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Siswa dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah dan kurang diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Siswa kurang dilatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Siswa masih kurang terampil dalam menyelesaikan soal yang dapat menggali kemampuan pemecahan masalah siswa dan kreativitas siswa, sehingga siswa kurang minat dalam menyelesaikan soal matematika yang membutuhkan prosedur dan banyak strategi. Salah satu upaya untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan model Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa selama proses pembelajaran CPS, kemudian mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pembelajaran CPS, dan selanjutnya untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran CPS. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan strategi concurent embedded. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 22 orang dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Percontohan Aceh Tamiang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu tes awal (pretes) dan tes akhir (postes), sedangkan instumen yang digunakan untuk memperoleh data motivasi berupa angket. Analisis data tes uraian harian dan pembelajaran kemampuan pemecahan masalah menggunakan rubrik penilai kemampuan pemecahan masalah dengan metode deskriptif kualitatif, hasil tes pretes-postes dianalisis dengan uji-t, hasil angket motivasi belajar dianalisis dengan menggunakan MSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa selama proses pembelajaran model CPS. Selain itu terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model CPS. selanjutnya terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan model CPS. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa meningkat melalui CPS. Kata Kunci: Model creative problem solving (CPS), Kemampuan pemecahan masalah, dan Motivasi belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH IDEAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (RIDHA YUNIARA, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy