//

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA RATE ADAPTATION ADAPTIVE AUTO RATE FALLBACK (AARF) PADA SIMULATOR NS-3 UNTUK STANDAR WLAN IEEE 802.11N

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERY MUNANZAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Wireless Local Area Network (WLAN) telah mengalami perkembangan yang pesat. Pada lapisan Physical (PHY) IEEE 802.11n disediakan bandwidth kanal 20 MHz dan 40 MHz, guard interval 800 ns dan 400 ns, dan transmisi menggunakan Multiple Input Multiple Output (MIMO) menggunakan 1, 2, 3 dan 4 spatial stream. Oleh sebab itu PHY 802.11n memiliki maksimum 128 pilihan data rate dari 6,5 Mbps hingga 600 Mbps. Selain itu pada Medium Access Control (MAC)WLAN IEEE 802.11n telah ditambahkan skema pengiriman MAC Protocol Data Unit (MPDU) menggunakan Aggregate MPDU (AMDPU). Jika MPDU atau AMPDU ditransmisikan dengan data rate yang sesuai dengan kondisi kanal, maka probablitis MPDU diterima tanpa error menjadi meningkat. Sesuai penjelasan dalam standar IEEE 802.11, MAC menentukan data rate yang digunakan untuk pengiriman MPDU menggunakan algoritma rate adaptation. Beberapa algoritma adaptasi rate berdasarkan kondisi kanal khususnya untuk WLAN IEEE 802.11n telah diusulkan, namun kenaikan atau penurunan data rate dilakukan berdasarkan metode random probing yang mengakibatkan ada kemungkinan data rate yang dipilih tidak sesuai dengan kondisi kanal. Di dalam penelitian ini diusulkan sebuah algoritma rate adaptation baru yang dikembangkan dari algoritma Adaptive Auto Rate Fallback (AARF). Algoritma AARF menaikkan dan menurunkan data rate berdasarkan order probing, namun AARF melakukan probing data rate tidak berdasarkan pilihan bandwidth kanal, guard interval dan jumlah spatial stream. Oleh sebab itu didalam penelitian ini dilakukan pengembangan algoritma AARF agar dapat mengadaptasikan data rate 802.11n sesuai kondisi kanal. Pengembangan algoritma AARF-HT didalam penelitian ini dilakukan menggunakan simulator NS-3 versi 3.26 dan sesuai metode pengembangan algoritma baru pada simulator NS-3. Setelah pengujian implementasi algoritma AARF-HT pada simulator NS-3 berhasil dan tidak ada error yang muncul, kemudian dilakukan simulasi pengujian adaptasi rate algoritma AARF-HT pada WLAN IEEE 802.11n sesuai kondisi kanal. Hasil pengujian memperlihatkan fungsi pengiriman tanpa dan menggunakan skema AMPDU serta fungsi adaptasi data rate berdasarkan ukuran bandwidth, guard interval dan jumlah spatial stream pada WLAN IEEE 802.11n telah berfungsi dengan baik. Hasil pengujian juga memperlihatkan algoritma AARF-HT menghasilkan throughput yang lebih tinggi dibadingkan throughput algoritma AARF. Kata Kunci : WLAN IEEE 802.11n, Rate adaptation, AARF, AARF-HT, Simulator NS-3

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KARAKTERISTIK INDOOR PROPAGASIRNWIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN) DENGANRNMENGGUNAKAN ACCESS POINT IEEE 802.11NRNDAN IEEE 802.11G (MUHAZIR RAHMAD, 2015)

PERANCANGAN DAN EVALUASI KINERJA WIRELESS MESH NETWORK (WMN) PADA TOPOLOGI GRID MENGGUNAKAN SIMULATOR JARINGAN NS-3 (Muammar Rifqi, 2015)

PENGARUH DATA RATE TERHADAP THROUGHPUT DAN DELAY MENGGUNAKAN SISTEM KEAMANAN WPA DAN WPA2 PADA JARINGAN WIFI (Abdul Muthalib, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA HT-PHY PADA NS-3 DAN HT-PHY 802.11N PADA MIKROTIK (Salman Ardiansyah Manik, 2014)

PENGARUH BI RATE, THE FED RATE, DAN KURS TERHADAP KESEIMBANGAN NERACA PEMBAYARAN INDONESIA (RATNA MUTIA DEWI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.