//

KARAKTERISASI MATERIAL KOMPOSIT LIMBAH MARMER DAN RESIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ihsan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Banyak orang menggunakan marmer sebagai konstruksi rumah ataupun sebagai perabot dalam rumah, karena mudah dibersihkan, tampilan warnanya selalu memukau, tahan lama dan tahan api. Dalam proses pembentukan perabot dan konstruksi rumah ini, marmer akan banyak meninggalkan limbah berupa serbuk marmer yang lambat laun akan semakin menumpuk. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan limbah ini adalah dengan mencampur serbuk marmer dengan resin menjadi sebuah komposit dengan 4 macam komposisi 50/50, 60/40, 70/30 dan 80/20. Komposit ini kemudian diuji untuk mendapatkan properti seperti kekuatan luluh, modulus elastisitas dan kekerasan. Hasil pengujian ini kemudian diamati dengan SEM. Hasil pengujian dan pengamatan didapatkan bahwa kekuatan luluh paling besar adalah 26,25 MPa, modulus elastisitas paling besar adalah 26,11 MPa dan kekerasan paling besar adalah 111,71 HRR. Kata Kunci: serbuk marmer, komposit marmer, pengujian komposit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMPOSISI MATRIK TERHADAP KUAT TEKAN MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT LIMBAH BATANG KELAPA SAWIT. (ARIA ARDIANSYAH, 2018)

PENGARUH PEMOLESAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID DAN NANOFILLER (Rika Mulya , 2016)

PERBEDAAN KEKUATAN FLEKSURAL RESIN KOMPOSIT DENGAN FIBER POLIETILEN DAN FIBER AMPAS TEBU (Ovia Damaiyanti, 2014)

PERBEDAAN PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL SETELAH DIRENDAM DALAM TEH ROSELA DAN TEH HITAM (ELIZA, 2016)

PENGARUH VARIASI TEMPERATUR RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL KEDOKTERAN GIGI TERHADAP DERAJAT KONVERSI (EVITA MUTIARA PERON, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy