//

ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI SURAT DESA DENGAN PENERAPAN ONE CLICK FINISH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reza Septian - Personal Name

Abstrak/Catatan

Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan untuk mengelola layanan menjadi lebih cepat dan mudah sudah menjadi tuntutan baru saat ini. Desa sebagai bagian dari tingkatan pemerintahan Indonesia juga harus memberikan pelayanan sebaik mungkin melalui kantor desa kepada masyarakat. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah pembuatan surat. Saat ini, pembuatan surat di desa Lamduro Kecamatan Syiah Kuala masih bersifat konvensional. Pengurus desa masih melakukan pembuatan surat dengan bantuan program pengolahan kata (Microsoft Office) dan setiap permintaan surat dari masyarakat harus diselesaikan secara berurutan berdasarkan antrian, sehingga proses pembuatan surat membutuhkan waktu yang lama. Karena itu, pada penelitian ini, penelit merancang dan membangun sebuah aplikasi pelayanan surat desa berbasis website dengan nama ‘Aplikasi Surat Desa’. Aplikasi ini menerapkan cara kerja ‘One Click Finish’ sehingga mampu mengoptimalkan kinerja pembuatan surat di kantor desa tersebut. Metode purwarupa/prototype diimplementasikan dalam membangun aplikasi. Kemudian, usability testing diterapkan terhadap 4 orang pengurus desa dan 27 warga untuk menguji dan memastikan aplikasi yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Melalui pengujian ini, diperoleh nilai usability terhadap aplikasi ini yaitu sebesar 25,9% oleh pengurus desa dan 76,5% oleh masyarakat. Maka, diharapkan aplikasi yang telah dibentuk dapat diterima oleh pengguna. Kata kunci : aplikasi surat desa, website, metode prototipe, usability testing

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN APLIKASI E-GAMPONG UNTUK TATA KELOLA DAN DISEMINASI INFORMASI DESA DI ACEH (Fathia Sabrina, 2014)

PROSEDUR PENCATATAN DANA APBN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM APLIKASI SATKER (SAS) 2016 UNTUK MEMBUAT SURAT PERINTAH MEMBAYAR (SPM) PADA DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH (AGUNG MUDDIANTO K, 2017)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK BERBASIS CONTEXTUAL DESIGN UNTUK RESTORASI CITRA DIGITAL DENGAN METODE SAUVOLA (Rafsanjani, 2014)

PENERAPAN ADMINISTRASI DOKUMEN PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK CABANG BANDA ACEH (NADIA ULFA, 2016)

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PROTOTIPE APLIKASI AKUNTANSI INDUSTRI KREATIF MIKRO BERBASIS WEB (STUDI KASUS INDUSTRI KREATIF MIKRO PAKAIAN DI BANDA ACEH) (Mirza Puasana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.