//

KAJIAN PENGAMANAN BAHAYA KEBAKARAN PADA BANGUNAN GEDUNG THE PADE HOTEL ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hasanuddin H - Personal Name
SubjectDISASTERS - SOCIAL SERVICES
FIRE SAFETY - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembangunan gedung hotel di kota Banda Aceh mulai meningkat seiring dengan berkembangnya sektor pariwisata di Kota Banda Aceh. Setiap bangunan gedung hotel memiliki potensi terhadap bahaya kebakaran, demikian pula dengan gedung The Pade Hotel Aceh Besar. Oleh karena itu pengamanan bahaya kebakaran pada bangunan gedung The Pade Hotel Aceh Besar dan bangunan hotel lainnya harus menjadi perhatian segala pihak. Selain itu, hotel merupakan tempat singgah orang-orang termasuk tokoh-tokoh/orang terkenal dari segala penjuru dunia yang masih asing dengan lingkungan sekitar bangunan hotel, sehingga kesiapan gedung hotel dalam menghadapi bahaya kebakaran perlu menjadi perhatian dan penting untuk dilakukan penilaian serta pemeriksaan secara berkala dengan mempedomani peraturan yang berlaku. Pada Gedung The Pade Hotel Aceh Besar perlu dilakukan pemeriksaan terhadap parameter-parameter penunjang bahaya kebakaran. Bicara mengenai kebakaran gedung hotel tentu tidak dapat dipisahkan dengan peran dan perhatian pemerintah daerah. Pengawasan dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Dalam menilai parameter-parameter penunjang bahaya kebakaran, digunakan sebuah pedoman teknis untuk menentukan komponen-komponen mana yang telah baik atau perlu ditingkatkan untuk pengamanan bahaya kebakaran. Penilaian dan pemeriksaan terhadap parameter-parameter pengamanan bahaya kebakaran pada bangunan gedung The Pade Hotel meliputi: kelengkapan tapak, sarana penyelamatan, sistim proteksi pasif, dan sistim proteksi aktif. Berdasarkan hasil akumulasi dari ke-empat parameter penunjang keselamatan kebakaran bangunan gedung pada The Pade Hotel Aceh Besar diperoleh nilai 80,07 %. Dengan demikian sistem pengamanan bahaya kebakaran yang terdapat pada The Pade Hotel Aceh Besar dapat dikategorikan “Baik”. Akan tetapi, ada beberapa catatan. yang perlu diprioritaskan untuk meningkatkan pengamanan terhadap bahaya kebakaran pada gedung tersebut. Sementara sejauh ini peran pemerintah terhadap pengamanan bahaya kebakaran perlu ditingkatkan dan perlu adanya regulasi di tingkat daerah untuk memperkuat pengamanan terhadap bahaya kebakaran gedung hotel. Kata kunci: Pengamanan Bahaya kebakaran, Hotel, Penilaian dan Pemeriksaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAPASITAS FUNGSIONAL RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN DALAM PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN GEDUNG (Muliadi, 2018)

ANALISIS PENERAPAN K3 KEBAKARAN PADA ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) DI AREA WELL CLUSTER A DI PT. X IDI RAYEUK, KABUPATEN ACEH TIMUR (SARAH PERMATA SARI, 2019)

KANTOR PUAT PEMADAM KEBAKARAN DI KOTA BANDA ACEH (Azwar, 2017)

PEMADAM WILAYAH KEBAKARAN KOTA BANDA ACEH (Fajar Wahyudi, 2013)

ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) KEBAKARAN DI UNIT SRU/NSO PLANT PT. PERTA ARUN GAS, BLANGLANCANG, LHOKSEUMAWE, ACEH (Novaldi Fahlevi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy