//

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Fitri Ayu - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ayu, Sri Fitri. 2017. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan Melalui Model Discovery Learning (DL). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. R. M. Bambang., M.Pd. (2) Suhartati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, discovery learning (DL), pola bilangan Hasil belajar yang diharapkan adalah nilai siswa mencapai kategori baik. Hasil studi pendahuluan penelitian di SMP Negeri 14 Banda Aceh menunjukkan bahwa kebanyakan siswa kelas VIII1 hanya mendengar penjelasan dari gurunya, tetapi mereka tidak mampu menerima dan mengingat materi yang telah dijelaskan oleh guru. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran di SMP Negeri 14 Banda Aceh masih menggunakan model konvensional dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memperbaiki hasil belajar siswa adalah pembelajaran matematika melalui penerapan model discovery learning (DL). Adapun yang menjadi permasalahan adalah apakah hasil belajar siswa pada materi pola bilangan melalui model discovery learning (DL) di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh dapat mencapai katagori baik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pola bilangan melalui model discovery learning (DL) di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 14 Banda Aceh dan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIII1 yang terdiri dari 25 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa hasil tes akhir sedangkan pengelolahan data dilakukan menggunakan uji-t pada taraf segnifikan α = 0,05, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=1,90 dan t_tabel=1,71 sehingga diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 1,90>1,71, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pola bilangan melalui model discovery learning (DL) di SMP Negeri 14 Banda Aceh mencapai katagori baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Misbahul Vaizia, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rahmi Fartiwi, 2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN (Muthmainnah, 2018)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy