//

PENDUGAAN POTENSI SUMBER AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK VES (VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING) DI KECAMATAN PEUKAN BADA, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INTAN SURYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Metode Vertical Electrical Sounding (VES) telah dilakukan untuk menentukan akuifer di Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar yang terdiri dari dua desa yaitu Lambaro Neujid dan Lambadeuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuifer dan kedalamannya dengan memanfaatkan peralatan SuperSting R8. Data diolah dengan menggunakan Earth Imager 1D. Pengambilan data telah dilakukan pada lima titik yang disebut VES 1, VES 2, VES 3, VES 4 dan VES 5 dimana VES 1, VES 2 dan VES 4 terletak di Lambaro Neujid sementara VES 3 dan VES 5 terletak di Lambadeuk. Kemudian panjang AB dipasang dengan jarak 500 meter di setiap titik. Hasilnya menunjukkan bahwa ada tiga akuifer yaitu pada VES 1, 3 dan 4. Dua di antaranya (VES 1 dan 3) diidentifikasi sebagai akuifer bebas di lapisan pasir karena keberadaannya diapit oleh lempung bercampur kerikil dan batu gamping pada VES 1 serta lempug pasiran dan lempung di VES 3, pada kedalaman rata-rata kurang dari 20 meter dengan nilai resistivitas berkisar 15,2-13,6 Ωm dan 15,1-16,1 Ωm. Namun pada titik VES 4, ditemukan adanya akuifer pada kedalaman 25,89-75,24 meter dimana akuifer ini diperkirakan sebagai akuifer terbatas karena keberadaannya secara litologi diapit oleh serpih dan memiliki nilai resistivitas 27,4 - 22,5 Ωm. Pada titik VES 2 dan VES 5 tidak ditemukan akuifer karena nilai resistivitasnya tinggi yaitu 125,9 Ωm dan 540884,9 Ωm secara berturut-turut. Kata Kunci: VES, Schlumberger Configuration, Resistivitas, Akuifer

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE VES DI DESA ANOI ITAM, SABANG (Egyana Yudistira, 2016)

ASSESSMENT KOROSIVITAS TANAH DI BANDA ACEH BERDASARKAN DATA ELECTRICAL CONDUCTIVITY (DEVILIA WULAN DARI, 2018)

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI INDRA PURWA TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurismi, 2014)

ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN KAWASAN MANIFESTASI PANAS BUMI IE JU KECAMATAN LAMTEUBA,ACEH BESAR DENGAN METODE GEOLISTRIK VES (VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING) (NADYA ULVA, 2018)

PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SISWA SD NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurmala, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy