//

POLA PERESEPAN ANTIHIPERTENSI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENCAPAIAN TARGET TEKANAN DARAH PADA PASIEN DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aisyah Nurul Hidayati - Personal Name
SubjectHEALTH CARE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Hipertensi telah menjadi masalah kesehatan masyarakat karena merupakan “silent killer” dengan prevalensi yang terus meningkat setiap tahun. Meskipun terapi antihipertensi efektif dalam menurunkan tekanan darah, namun masih banyak pasien yang belum mencapai target tekanan darah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pola peresepan antihipertensi dan hubungannya dengan pencapaian target tekanan darah pada pasien hipertensi. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah pasien hipertensi di Poliklinik Jantung RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling sebanyak 135 pasien. Pasien yang dijadikan sampel adalah pasien yang datang untuk kontrol tekanan darah pada bulan Desember 2017 setelah mendapatkan obat antihipertensi pada bulan November 2017. Berdasarkan hasil penelitian, obat yang paling efektif dan paling banyak digunakan adalah kombinasi dua obat yaitu golongan calsium channel blocker dan angiotensin receptor blocker pada 28 orang subyek (20,7%). Dengan menggunakan uji Spearman didapatkan korelasi positif antara pola peresepan dengan pencapaian target tekanan darah (p=0,003). Kesimpulan, pola peresepan antihipertensi berhubungan dengan pencapaian target tekanan darah pada pasien hipertensi. Kata kunci : Hipertensi, obat antihipertensi, pola peresepan, target tekanan darah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN, DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LIYA HARNINGSIH, 2016)

HUBUNGAN HIPERGLIKEMIA DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLI ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (RASYID ALI NATIO, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN TEKANAN DARAH PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS (Friska Masyitah, 2019)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN KAPASITOR BANK TERHADAP FAKTOR DAYA PADA SISTEM KELISTRIKAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN THE EFFECT OF USE CAPASITOR BANK TO THE POWER FACTOR IN THE ELECTRICAL SYSTEM AT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Surya Rahmad, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy