//

KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE DARI ASPEK PRODUCER SURPLUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARWAN - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
ROADS - LAND ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE DARI ASPEK PRODUCER SURPLUS Oleh : Marwan NIM. 1509200060103 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng, IPM 2. Dr. Eng. Sugiarto, ST. M. Eng ABSTRAK Pembangunan jalan dapat memberikan alternatif rute baru untuk meningkatkan aksesibilitas penduduk disekitar jalan yang direncanakan pada umumnya. Adanya perbaikan aksesibilitas ini akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat yang di sekitar rute jalan tersebut untuk mencapai lokasi kegiatan ekonomi atau hiburan, kesehatan dan sebagainya. Peningkatan aksesibilitas ini akan merangsang pertumbuhan ekonomi yang terdapat di wilayah tersebut. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang berencana membuka isolasi dan koneksitas antar wilayah dengan Program Pembangunan Jalan Krueng Meusagop – Teupin Mane Kecamatan Simpang Mamplam – Juli. Rencana Pembangunan jalan baru ini sebagai urat nadi perekonomian nasional umumnya dan daerah pada khususnya serta diharapkan mampu menghubungkan jalan lintas maupun meningkatkan koneksitas agar dapat berfungsi untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas orang dan barang/jasa dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi dan pengembangan wilayah dengan tetap menjaga lingkungan. Penelitian ini merupakan studi kelayakan (feasibility study) untuk Pembangunan Jalan. Penelitian ini menghitung Kelayakan Ekonomi dari Rencana Pembangunan Jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar manfaat yang didapatkan dari segi producer surplus akibat pembangunan jalan ini. Metode uji kelayakan ekonomi yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan Metode BCA, yaitu BCR, NPV dan EIRR dan analisis sensitivitas. Berdasarkan evaluasi ekonomi pembangunan jalan ini pada tahun ke 20 sejak dibuka sudah memenuhi Standar Kelayakan Ekonomi dengan discount rate 10% dan 12%. Pada suku bunga 10% didapat nilai BCR 1,32, NPV Rp. 89.228.473.000,- dan pada suku bunga 12% didapat nilai BCR 1,06, NPV Rp. 14.409.843.000,-, dan nilai EIRR didapat pada discount rate 12,49% atau lebih besar dari suku bunga 10% dan 12%. Analisis sensitivitas terhadap discount rate 10% menunjukkan nilai tertinggi pada sensitivitas VII (biaya -10% dan manfaat +10) dengan nilai NPV Rp. 190.808.734.000,- dan BCR sebesar 1,90 dan nilai IRR 15,862%. Kata Kunci: Kelayakan Ekonomi, producer surplus, Benefit Cost Analysis (BCA).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE (BIREUEN) DITINJAU DARI ASPEK CONSUMER SURPLUS (AFRIZAL, 2018)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENYELESIAN PEMBANGUNAN JALAN ELAK DI KABUPATEN ACEH UTARA (STUDI KASUS : JALAN ELAK KRUENG MANE - BUKETRATA) (Amirullah, 2016)

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

KAJIAN MANFAAT PEMBANGUNAN JALAN BERDASARKAN ANALISA PRODUCER SURPLUS RNDALAM EKONOMI TRANSPORTASIRNSTUDI KASUS JALAN KEBAYAKAN – SIMPANG KRAFT, ACEH TENGAH) (RUHDI FAISAL, 2014)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN BATAS KOTA TAPAKTUAN – BAKONGAN (Khuzaifah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy