//

ESTIMASI POPULASI GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) BERDASARKAN METODE DEFEKASI DI KAWASAN HUTAN PEUNARON KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyu Hidayat - Personal Name
SubjectELEPHANT - CONSERVATION TECHNOLOGY
ANIMAL POPULATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Wahyu Hidayat: Estimasi Populasi Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) Berdasarkan Metode Defekasi di Kawasan Hutan Peunaron Kabupaten Aceh Timur. Pembimbing I. Dr. Abdullah., M.Si., Pembimbing II. Dr. Khairil., M.Si. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepadatan Gajah Sumatera (Elaphas maximus sumtranus) dan untuk mengetahui tingkat peluruhan kotoran Gajah Sumatera (Elaphas maximus sumtranus)di kawasan hutan Peunaron Kabupaten Aceh Timur. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli sampai dengan November 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menghitung kotoran gajah yang masih segar pada tipe hutan yang berbeda dengan menggunakan GPS, metode purpossive sampling, tingkat peluruhan kotoran gajah dengan menjelajah secara acak dan memberi tanda pada GPS setiap mendapatkan kotoran yang baru minimal 20 kotoran di setiap tipe hutan yang berbeda dan di ulang pada setiap 1 minggu untuk melihat tingkat peluruhan kotoran dan wawancara. Analisis data menggunakan rumus defekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jumlah kotoran di setiap transek pada hutan prime r 172 kotoran, pada hutan sekunder 76 kotoran pada lahan produksi 16 kotoran dan pada lahan terbuka 11 kotoran (2) Rata-rata peluruhan pada hutan primer, 0,01298, rata- rata peluruhan pada hutan sekunder 0,01190, pada lahan produksi 0,01098, pada lahan terbuka 0,01020 (3) satu ekor gajah membutuhkah lahan 151 sampai dengan 192 Km 2 (4) jumlah gajah di kawasan hutan Aceh Timur 28 s.d 35 ekor (5) berdasarkan hasil wawancara dengan warga, jumlah gajah di Aceh Timur terdapat 20 s.d 60 ekor Kata Kunci : Estimasi, Populasi, Gajah, Defekasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH LEUKOSIT DAN DIFERENSIAL LEUKOSIT GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) JANTAN BERDASARKAN TINGKATAN UMUR DI PUSAT LATIHAN GAJAH (PLG) MINAS RIAU (ATIKAH RAHMA PUTRI, 2018)

STUDI TINGKAT KESEJAHTERAAN DAN POLA PENGASUHAN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPON UNIT SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (NUR CHADIJAH, 2018)

PEMERIKSAAN KEBERADAAN TELUR DAN LARVA NEMATODA PASCA PEMBERIAN ANTHELMINTIK PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Syafriza Harlianda, 2017)

IDENTIFIKASI LALAT PENGHISAP DARAH PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI LOKASI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) DAN PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) ACEH (M. Agung Murdiansyah Tanjung, 2018)

PENANGANAN PAPILLOMA DENGAN METODE KAUTERISASI PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG (FERNANDO JOSE IMMANUEL CLINTON SITUMORANG, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy