//

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KUBUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 UNGGUL PAGAR AIR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHELLA NOVILASARI - Personal Name
SubjectLEARNING-CHILDREN
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Novilasari, Shella. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning pada Pembelajaran Kubus Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Unggul Pagar Air. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si. (2) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Pengaruh, Model Project Based Learning Salah satu alternatif yang dilakukan untuk memperbaiki serta meningkatkan hasil belajar mengajar adalah dengan menerapkan model Project Based Learning, yaitu model pembelajaran memecahkan masalah melalui proyek/kegiatan sebagai media dengan berkolaborasi bersama teman di dalam suatu kelompok. Penelitian ini berupaya mengembangkan keaktifan dan kreativitas peserta didik dalam interaksi belajar pada pembelajaran kurikulum 2013. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran kubus terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Unggul Pagar Air. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Pre-Experimental Designs dengan model Intact-Group Comparison. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas V SD Negeri 1 Unggul Pagar Air yang terdiri dari dua kelas yaitu Va 24 siswa dan Vb 24 siswa sehingga jumlah populasi adalah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah sejumlah populasi yaitu 48 siswa dengan kelas Va sebagai kelas kontrol dan Vb sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data telah dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 28 Juli 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal berbentuk essay pada pertemuan ketiga pembelajaran kubus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n_1+n_2-2=24+24-2=46 maka daftar distribusi t dengan t_((1-α)(n_1+n_(2-2)) )=t_((0,95)(46)) sehingga diperoleh t_((0,95)(46))=1,67 karena t_hitung>t_tabel, yaitu 5,64 > 1,67. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga model Project Based Learning yang diajarkan pada pembelajaran kubus di kelas Vb dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran kubus di kelas V SD Negeri 1 Unggul Pagar Air.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Irawita, 2019)

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 11 BANDA ACEH (Aulia Nur, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Jamila, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (SHIDQI ISKANDAR, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Noni Anggraini, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy