//

APLIKASI TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DAN BAHAN TAMBAH TERHADAP SIFAT MEKANIS BETON NORMAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI HANDAYANI - Personal Name
SubjectCONCRETE - STRUCTURAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Unsyiah
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Tanah diatomae memiliki sifat pozzolan yang mirip dengan bahan pozzolan lainnya seperti fly ash dan metakaolin. Tanah diatomae bisa digunakan sebagai salah satu material alternatif natural SCM (Suplementary Cementing Materials) maupun sebagai bahan aditif pengganti agregat halus untuk klasifikasi agregat ringan. Penelitian ini menggunakan Tanah Diatomae sebagai substitusi sebagian semen berdasarkan persentase volume tanah diatomae tersebut pada perencanaan mix design dan sebagai bahan tambah untuk penggunaan beton struktural dengan membandingkannya dengan karakteristik beton yang berbahan dasar semen, sehingga dapat mengurangi pemakaian Sumber Daya Alam yang berbasis kalsium dan meminimalisir beban polutan lingkungan. Dalam penelitian ini tanah diatomae yang diaplikasikan adalah tanah diatomae di Desa Lambeurenut, Kecamatan Lampanah Leungah Kabupaten Aceh Besar. Dari hasil analisa data pengujian kuat tekan pada umur 56 hari yang menggunakan tanah diatomae kalsinasi, untuk FAS 0.3 kuat tekan yang mendekati kuat tekan beton normal (tanah diatomae 0%) sebesar 52,64 Mpa dihasilkan pada substitusi 10 % sebesar 37,35 Mpa. untuk FAS 0.4 kuat tekan yang mendekati kuat tekan beton normal sebesar 43,09 Mpa dihasilkan pada substitusi 10 % sebesar 38,75 Mpa. untuk FAS 0.5 kuat tekan yang mendekati kuat tekan beton normal sebesar 43,09 Mpa dihasilkan pada substitusi 10 % sebesar 29,83 Mpa. Dari hasil analisa data pengujian kuat tekan pada umur 56 hari yang menggunakan tanah diatomae tanpa kalsinasi, untuk FAS 0.4 kuat tekan yang mendekati kuat tekan beton normal sebesar 43,09 Mpa dihasilkan pada substitusi 10 % sebesar 37,35 Mpa. Dari hasil analisa data pengujian kuat tekan pada umur 56 hari yang menggunakan tanah diatomae sebagai aditif, untuk FAS 0.4 kuat tekan yang mendekati kuat tekan beton normal sebesar 43,09 Mpa dihasilkan pada aditif 5 % sebesar 37,31 Mpa. Hasil pengujian kuat tekan pada umur 56 hari secara keseluruhan menghasilkan kuat tekan rata – rata yang memenuhi kriteria beton struktural dan nilai kuat tekan beton yang menggunakan tanah diatomae kalsinasi lebih tinggi dari nilai kekuatan rata- rata tanah diatomae tanpa kalsinasi. Kata Kunci : Substitusi semen, tanah diatomae, perbandingan volume, substitusi, aditif, beton normal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBTITUSI SEMEN DAN BAHAN TAMBAH (ADITIF) TERHADAP KUAT TEKAN BETON (Ryan Reynickha Fatullah, 2019)

STUDI KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR PASTA SEMEN CAMPURAN DENGAN TANAH DIATOMAE (Sri Hayati, 2018)

STUDI KUAT TEKAN MORTAR 1:2 DENGAN MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN (Sarah Soraya, 2018)

PENGARUH SUBSTITUSI ADITIF DAN AGREGAT TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI YANG DIRENDAM PADA AIR TAWAR, AIR ASIN, DAN DITANAM DI DALAM TANAH (Candra Pazlan, 2018)

APLIKASI TANAH DIATOMAE TERHADAP KUAT TEKAN MORTAR 1:4 (DAHRUL ABIDA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy