//

ANALISIS KINERJA BUNDARAN (ROUNDABOUT) BANDA ACEH (STUDI KASUS SIMPANG TIGA ULEE LHEUE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhanisah - Personal Name
SubjectTRAFFIC FLOW
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada umumnya bundaran dengan pengaturan hak jalan (prioritas dari kiri) digunakan di daerah perkotaan dan pedalaman bagi persimpangan antara jalan dengan arus lalu-lintas. Pada arus lalu-lintas yang tinggi dan kemacetan pada daerah keluar simpang bundaran tersebut mudah terhalang yang mungkin menyebabkan kapasitas terganggu pada semua arah. Simpang tiga pada bundaran Ulee Lheue Banda Aceh merupakan simpang tak bersinyal yang mempunyai tiga buah lengan yang menghubungkan Jl. Sultan Iskandar Muda, Jl. Prof. Dr. Ibrahim Hasan dan Jl. Pelabuhan Lama Ulee Lheue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang di Bundaran Ulee Lheue yang dinyatakan dengan nilai kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), tundaan (DT), dan peluang antrian (QP%). Kinerja simpang dinyatakan masih baik (ideal), apabila nilai DS ≤ 0,75. Kinerja simpang pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI: 1997). Survey lalu-lintas dilakukan pada hari Senin 2 Oktober 2017, hari Kamis 5 Oktober 2017, dan hari Minggu 8 Oktober 2017. Berdasarkan data arus lalu-lintas yang didapatkan dari ketiga hari survey diperoleh volume jam puncak tertinggi terjadi pada hari Minggu tanggal 8 Oktober 2017 sebesar 5357 smp/jam. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka didapat nilai kapasitas bundaran 3980 smp/jam, tundaan bundaran 14,557 det/jam, peluang antrian 52%-99%, dan nilai derajat kejenuhan 1,075. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan nilai derajat kejenuhan lebih besar dari 0,75 yang menandakan kinerja simpang ini sudah berada diatas jenuh atau bundaran dalam keadaan tidak baik, sehingga perlu adanya manajemen arus lalu-lintas pada saat jam puncak terutama jam puncak pada hari minggu. Kata kunci : Jalinan Bundaran, MKJI:1997

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMALISASI GEOMETRIK DAERAH JALINAN BUNDARAN (ROUNDABOUT) SIMPANG TUJUH ULEE KARENG DENGAN PENDEKATAN METODE SIMULASI VISSIM 6.00-02 (DEFRY BASRIN, 2017)

ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK-BERSINYAL DAN BUNDARAN MENGGUNAKAN ARUS IDEAL (MUHAMMAD AZKIA AGUSSA, 2016)

PERENCANAAN ULEE LHEUE WATER LIFE PARK (Abu Bakar Djamil, 2015)

ANALISIS ANGKA PENGGANDA PADA PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT: STUDI KASUS PANTAI ULEE LHEUE DAN LAMPUUK (Afriwanda, 2016)

PERENCANAAN SIMPANG BERLENGAN EMPAT DENGAN BUNDARAN PADA SIMPANG NEUSU KOTA BANDA ACEH (Iswanda, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy