//

PENENTUAN STRATEGI PEMBINAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PROVINSI ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP TOPSIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIFTAHUL JANNAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penentuan Strategi Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Aceh Dengan Menggunakan Metode AHP TOPSIS ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan strategis dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Sektor UMKM berperan penting dalam mengurangi jumlah pengangguran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi terbaik dari kebijakan dalam pembinaan UMKM. Berdasarkan pengolahan data menggunakan AHP dengan penyebaran kuesioner sebanyak 13 responden, hasil yang didapat menunjukkan bahwa faktor Ekonomi, sedangkan aktor yaitu aktor pengusaha, dan alternatif yaitu alternatif produksi yang merupakan nilai bobot tertinggi dalam pengolahan data AHP. Sementara itu, perhitungan TOPSIS menunjukkan bahwa solusi alternatif terbaik berdasarkan jarak terpendek untuk mencapai solusi ideal adalah produksi. Berdasarkan kedua metode tersebut bahwa produksi adalah strategi terbaik untuk diterapkan dalam mengembangkan kebijakan pada pembinaan UMKM. selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menerapkan standarisasi dan sertifikasi, pengembangan produk, dan menggunakan teknologi yang canggih untuk bahan pertimbangan khususnya bagi pembinaan UMKM di Provinsi Aceh. Kata kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Analytical Hierarchy Process (AHP), Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADAINDUSTRI MIKRO DAN KECIL SUBSEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI PROVINSI ACEH (Ida Hervianti, 2016)

PENYELESAIAN KREDIT MACET PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) MIKRO DIKAITKAN DENGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (STUDI PADA BANK BRI UNIT KOTA BINJAI) (NEZA DWI ANDIKA, 2016)

KEBIJAKAN BANK SUMUT DALAM PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) KEPADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PERBAUNGAN SUMATERA UTARA (Puspita Sari, 2014)

PENGARUH PEMADAMAN LISTRIK TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGUSAHA MIKRO DI KOTA BANDA ACEH (Riji Raja Inal, 2018)

PEMBERIAN MODAL KERJA TERHADAP USAHA MIKRO YANG BERKEMBANG PADA BPR. MUSTAQIM SUKAMAKMUR (win aramiko, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy