//

ALAT PENYIRAMAN TUMBUHAN OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR KELEMBABAN TANAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIKKI ANDIKA MULIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Alat penyiraman tanaman otomatis dengan menggunakan sensor kelembaban tanah telah berhasil dibuat. Sensor kelembaban yang digunakan adalah tipe YL-69 yang bekerja berdasarkan perubahan nilai konstanta dielektrik. Sensor kelembaban dihubungkan sebagai masukan pada mikrokontroler Arduino UNO R3 dan juga relay sebagai saklar untuk mengalirkan dan memutuskan arus listrik ke pompa. Hasil rancangan menunjukkan bahwa alat penyiraman otomatis ini dapat bekerja dengan baik, dimana kelembaban tanah dibawah 70% pompa air akan (ON) dan apabila kelembaban tanah diatas 70% pompa air akan (OFF). Kata kunci: sensor kelembaban tanah YL-69, arduino uno.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROTOTIPE SISTEM PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERDASARKAN KELEMBABAN TANAH BERBASIS MIKROKONTROLER (M. Alfurqan, 2017)

OTOMASI MONITORING DAN PENYIRAMAN TANAMAN MENGGUNAKAN MEKANISME TIGA SUMBU UNTUK TIGA JENIS TANAMAN (Misrizal Saifannur, 2019)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL PENYIRAM TAMAN SMART PADA TAMAN SEGITIGA SP. BPKP (Irwansyah MW, 2016)

MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 328 PADA PROSES DEKOMPOSISI PUPUK KOMPOS (Vandra Diza K, 2017)

UJI KINERJA ALAT PENYIRAMAN OTOMATIS DENGAN SISTEM IRIGASI TETES BERBASIS PERUBAHAN KADAR AIR TANAH PADA TANAMAN PAKCOY (BRASSICA CHINENSIS L.) (Khairunnisak, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy