//

EVALUASI JALUR EVAKUASI BENCANA GUNUNGAPI SEULAWAH AGAM DI KECAMATAN SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Saiful Bahri - Personal Name
SubjectDISASTER - SOCIAL SERVICES
VOLCANOES - DISASTER SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Gunungapi Seulawah Agam terletak di Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Apabila bencana gunungapi terjadi maka diperlukan jalur evakuasi. Jalur Evakuasi adalah jalur khusus yang menghubungkan semua area yang terkena dampak bencana ke area yang aman (Titik Kumpul). Dalam penetapan jalur evakuasi dan titik evakuasi ini dilakukan secara partisipatif sehingga dapat mengurangi tingkat kerentanan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan melihat partisipatif masyarakat dalam perencanaan jalur evakuasi. Metode pada penelitian ini kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas data primer (field research) dan data sekunder (library research). Hasil analisis data menunjukkan bahwa jalur evakuasi yang telah direncanakan oleh pusat vulcanologi telah melibatkan mayarakat dalam perencanaannya, akan tetapi masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat dimana jalur evakuasi yang direncanakan hanya mengikuti jalan utama negara semata. Oleh karena itu dari penelitian ini di dapat perencanaan partisipatif untuk Gampong Iboih Tanjung, Iboih Tunong dan Alue Rindang, masyarakat dalam merencanakan jalur evakuasi mengikuti jalan utama gampong sebagai jalur evakuasi masyarakat. Masyarakat di ketiga gampong 100% menyatakan bahwa keterlibatan masyarakat dalam perencanaan jalur evakuasi sangat baik dengan nilai 38 % dan tidak baik 17% dari total responden. Tingkat pengetahuan responden terhadap bencana sangat baik 40% dan tidak baik 13,3% dari total responden, sedangkan tingkat jalur evakuasi yang tersedia mendapatkan terendah dengan nilai 30% dari total responden. Dengan tingginya tingkat keterlibatan masyarakat diharapkan perencanaan Jalur evakuasi yang telah dibuat oleh masyarakat akan dapat melayani masyarakat, demi terciptanya evakuasi yang cepat dan efesien maka perlu dilakukan simulasi bencana Gunungapi Seulawah Agam baik oleh pemerintah maupun Stakeholder lainnya. Kata kunci : Jalur evakuasi, bencana gunung api, partisipatif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN PEUKAN BADA) ACEH BESAR (Rukkaan Sujjada, 2018)

PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MEDIA MONOPOLY BERVISI SETS PADA BIDANG STUDI GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA SEBAGAI INOVASI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN (Andika Triwidada, 2018)

EVALUASI PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG TELAH MENGIKUTI BLOK DISASTER MANAGEMENT (Muhammad Ilham, 2017)

INTERPRETASI MODEL RESISTIVITAS KAWASAN LAPANGAN PANASBUMI SEULAWAH AGAM BERDASARKAN PEMODELAN 1D DATA MAGNETOTELLURIK (Rizky Ramadhan, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPSIAGAANRNBENCANA BANJIR DI GAMPONG GAROTRNKECAMATAN DARUL IMARAHRNACEH BESAR (DINDA NOVITA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy