//

ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA PEMBORAN DAN PELEDAKAN PADA PROSES PEMBONGKARAN BATU GAMPING DI QUARRY LIMESTONE PT LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reka Sari Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

PT Lafarge Cement Indonesia mempunyai sumber bahan baku utama produksi semen yaitu batu gamping, dimana pada kegiatan penambangannya PT Lafarge Cement Indonesia bekerja sama dengan PT Macmahon Indonesia sebagai kontraktor untuk melakukan proses pemboran dan peledakan. Sebelum kegiatan peledakan, dilakukan kegiatan pemboran untuk penyediaan lubang ledak dengan geometri dan pola tertentu. Kemampuan produktivitas suatu alat bor sangat mempengaruhi besar kecilnya lapisan yang akan dibongkar dalam suatu tambang. Pemberaian batuan dengan metode peledakan memerlukan perencanaan geometri peledakan yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang optimal dan dapat meminimalisasi total cost. Salah satu indikator yang sangat diperhatikan adalah nilai powder factor (Pf), yang dapat menjadi acuan biaya dalam proses peledakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar biaya pemboran dan peledakan yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Berdasarkan perhitungan geometri peledakan aktual untuk lokasi RL 120 didapatkan nilai powder factor yaitu 0,08 kg/ton dengan jumlah lubang yaitu 78 lubang ledak dan berat batuan hasil peledakan yang dihasilkan yaitu sebesar 7.300,8 ton, didapatkan total biaya pemboran dan peledakan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan satu ton batu gamping yaitu sebesar Rp. 5.271 / ton. Untuk mendapatkan biaya pemboran dan peledakan yang optimal, dilakukan perbaikan rancangan geometri peledakan dengan menggunakan metode R.L. Ash. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan geometri peledakan usulan didapatkan nilai powder factor yaitu 0,08 kg/ton dengan jumlah lubang yaitu 78 lubang ledak dan berat batuan hasil peledakan yang dihasilkan yaitu sebesar 10.058,88 ton, didapatkan total biaya pemboran dan peledakan yang dikeluarkan untuk satu ton batu gamping yaitu sebesar Rp. 4.758 / ton. Kata kunci: produktivitas, biaya pemboran, biaya peledakan, powder factor, R.L. Ash

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMALISASI PRODUKSI PADA SISTEM PEREMUKAN DI QUARRY PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR (M. Arif Munanda, 2017)

IMPLIKASI BIAYATERHADAP PEMAKAIAN BAHAN PELEDAK PADA TAMBANG QUARRY PT. LAFARGE, PT. HOLCIM, PT. SEMEN PADANG (Aminul Ghifari, 2016)

ANALISA PENINGKATAN PRODUKSI BAHAN GALIAN LIMESTONE PADA AKTIVITAS IMPACT HAMMER CRUSHER DI PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, KABUPATEN ACEH BESAR, ACEH (Said ary rizki, 2016)

ANALISIS EFISIENSI ENERGI PADA LIMESTONE CRUSHER DI PT LAFARGE CEMENT INDONESIA (ELFINA FAHRIAH NOOR, 2018)

PERBANDINGAN BIAYA PEMBORAN DAN PELEDAKAN MENGGUNAKAN BLASTING SERVICE DAN SWAKELOLA DALAM PENAMBANGAN BANKO BARAT PIT 2 PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK, UNIT PENAMBANGAN TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (Mairia Ulfa Khatimmah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy