//

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE MATERI SEGIEMPAT KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahratul Aini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aini, Zahratul. 2017. Tingkat Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Materi Segiempat Kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd., (2) Mukhlis Hidayat,S.Pd.,M.Kom. Kata kunci: kemampuan berpikir, teori Van Hiele, geometri Kemampuan berpikir dalam matematika khususnya geometri masih tergolong rendah, geometri tidak hanya melatih proses berpikir tetapi juga sangat mempengaruhi materi pelajaran lain dalam matematika. Teori mendasar yang digunakan dalam pembelajaran geometri adalah teori Van Hiele.Seseorang dalam belajar geometri akan melalui lima tingkatan hierarkis, setiap tingkatan tersebut mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam geometri.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan berpikir siswa ditinjau dari teori Van Hiele pada materi segiempat di kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir siswa ditinjau dari teori Van Hiele pada materi segiempat di kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Darussalam sejumlah 21 siswa.Instrumen yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara.Tes tulis diberikan kepada 21 siswa dan wawancara dilakukan kepada 6 siswa dengan kategori 2 siswa kemampuan berpikir rendah, 2 siswa kemampuan berpikir sedang, dan 2 siswa kemampuan berpikir tinggi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir siswa SMP Negeri 1 Darussalam menunjukkan bahwa 2 orang siswa kemampuan rendah berada pada tingkat 0 (Visualisasi), 2 orang siswa kemampuan sedang berada pada tingkat 1 (Analisis), dan 2 orang siswa kemampuan tinggi berada pada tingkat 1 (Analisis) karena belum dapat mencapai semua indikator pada tingkat 2. Dengan demikian, penelitian ini memberikan informasi tentang profil siswa terhadap kemampuan geometri berpandu pada teori Van Hiele.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI VAN HIELE DI KELAS IX SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Muhammad Rizqi Musa, 2016)

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RIZKA ULFIA, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Nilawati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY CTSTS) PAD A MATERISEGIEMPAT DIKELAS VII SMP NEGERI1 DARUSSALAM TAHUN A JARAN 2015 (Nailul Umrati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy