//

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH MENENTUKAN STRUKTUR TEKS CERITA BIOGRAFI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Mutia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mutia, Intan. 2017. Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh Menentukan Struktur Teks Cerita Biografi. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ridwan Ibrahim, M.Pd. (2) Drs. Mukhlis, M.Hum. Kata kunci: Kemampuan, teks, cerita biografi. Penelitian ini berupaya melihat kemampuan siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi, dan (2) bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menemukan ciri informasi teks cerita biografi. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi, dan (2) mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menemukan ciri informasi dari masing-masing struktur teks cerita biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 142 orang siswa yang tersebar ke dalam 6 kelas. Sampel yang diambil berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengambilan data dilakukan secara acak, tiap kelas diambil sampel 4 atau 5 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi adalah 66. Nilai tersebut berada dalam kategori cukup yang berada pada rentang nilai 56-69 (Depdiknas, 2006:57). Dengan demikian, kemampuan rata-rata siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh menentukan struktur teks cerita biografi dikategorikan cukup. Namun, bila dinilai dari masing-masing aspek dalam menentukan struktur teks cerita biografi siswa memperoleh nilai 68, dan dalam menemukan ciri informasi siswa memperoleh nilai 62. Menurut klasifikasi yang diterbitkan Depdiknas (2006:57) nilai 68 dan 62 berada pada rentang nilai 56-69. Ini berada pada kategori cukup.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH MENGIDENTIFIKASI UNSUR KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI (Lisa Yasina, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN MEURAXA BANDA ACEH MENYUSUN TEKS BIOGRAFI SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK TEKS (Novia Lestari, 2017)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH MENANYA BERDASARKAN OBJEK DALAM TEKS BIOGRAFI (Dewi Aryani, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 BANDA ACEH MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI (Mutiara Armita, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH MENGINDENTIFIKASI HAL-HAL MENGESANKAN DARI TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI (SYAMSIDAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy