//

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULA ARIFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Arifa, Maula. 2017. Kondisi Psikologis Lansia Yang Depresi Dan Upaya Penanganannya Di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh (Case Study). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abu Bakar, M. Si., (2) Nurbaity, S. Pd, M. Ed. Kata Kunci : depresi, lansia, upaya penanganan Kondisi para lansia yang menderita depresi dan timbulnya depresi hampir 40% memiliki hubungan dengan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat depresi tersebut.Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) gambaran kondisi psikologis lansia yang depresi di UPTD Rumoeh Seujatera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh h dan (2) upaya penaganan yang diberikan untuk membantu kondisi gangguan depresi pada lansia di UPTD Rumoh Seujatera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus (case study). Data penelitian ini bersumber dari kondisi depresi lansia dan upaya penanganannya, sedangkan subjeknya adalah berjumlah 4 orang lansia yang depresi dan pengelola panti di UPTD Rumoh Seujatera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh dalam konteks upaya penanganan yang diberikan sesuai dengan kondisi lansia yang mengalami gangguan depresi di panti jompo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara (in-depth interviewing) dan teknik observasi (non-participat observation), serta menggunakan Geatric Depression Scale (GDS) sebagai pedoman wawancara dan juga observasi. Berdasarkan hasil penelitian, temuannya dikemukakan sebagai berikut. Kondisi depresi pada lansia dapat menyebabkan hilangnya perhatian dan interaksi sosial lansia dengan lingungan sekitar dan upaya penanganan yang diberikan berupa pendekatan fisik dengan senam, pendekatan psikologis dengan nasihat, pendekatan spiritual dengan pengajian, serta pendekatan medis dengan obat anti depresan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

GAMBARAN KOLONISASI CANDIDA ORAL PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Muliana Sari, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

HUBUNGAN INKONTINENSIA URINE DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIK DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ERNI MEUTIA RANI, 2016)

STUDI KOMPARATIF SUCCESSFUL AGING PADA LANSIA TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH DENGAN LANSIA TINGGAL BERSAMA MASYARAKAT DI DESA LUBUK SUKON (Dara Mubshirah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy