//

MOTIVASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK MUDA (STUDI TERHADAP MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ikram Fuadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK IKRAM FUADI 2017 MOTIVASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK MUDA (Analisis Terhadap Penggunaan Smartphone Dalam Menyampaikan Informasi Positif Dalam Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala. Drs. Amsal Amri, M.pd. Smartphone merupakan sebuah teknologi terbaru sebagai media komunikasi bagi manusia di era dewasa ini. Smartphone banyak digunakan oleh para mahasiswa dalam rangka mengakses informasi yang positif dalam menunjang studi perkuliahan yang sedang ditempuh. Kehadiran smartphone telah membantu para mahasiswa dalam membangun interaksi sosial yang serta sebagai media untuk mendapatkan dan menyalurkan informasi edukasi yang bermanfaan bagi kelangsungan studi kuliah sehingga diharapkan kelulusan studi tepat pada waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam penggunaan smartphone dalam menyampaikan informasi dikalangan mahasiswa/i ilmu komunikasi FISIP Universitas Syiah Kuala dan untuk mengetahui dampak penggunaan smartphone oleh mahasiswa/i ilmu komunikasi FISIP Universitas Syiah Kuala dalam berinteraksi melalui smartphone sebagai alat memperoleh informasi dalam rangka mencapai hasil yang positif dalam perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif mengenai motivasi penggunaan smartphone dalam interaksi sosial anak muda: studi terhadap mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas syiah kuala. Data diperoleh melalui sumber data primer dan data skunder, data primer melalui penelitian lapanganya itu dengan wawancara informan. Sedangkan data sekunder melalui penelitian kepustakaan yaitu dengan dokumen-dokumen, buku-buku dan bacaan-bacaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone dalam interaksi sosial anak muda sebuah studi kasus pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi cukup efektif karena sebagian besar mahasiswa sudah memanfaatkan smartphone untuk membangun komunikasi dengan teman sejawat baik yang jauh maupun yang dekat. Disamping itu motivasi penggunaan smartphone mengakses informasi penunjang studi perkuliahan dan eksistensi . Smartphone telah memberikan nilai yang positif dalam mengakses informasi studi perkuliahan atau informsi edukasi sudah cukup memuaskan karena sudah banyak mendukung aktivitas mahasiswa. Mahasiswa ilmu komunikasi memanfaatkan smartphone untuk mengakses informasi edukasi seperti, portal akademik, wikipedia, kamus online & offline, ebook, e-journal dan situs berita Kata Kunci : Smartphone, Motivasi, Interaksi Sosial Anak Muda

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA MEMILIH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI (Faridh Ziat, 2017)

POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA LUAR ACEH DAN MAHASISWA ACEH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hajiah, 2018)

PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL PADA PENGGUNA SMARTPHONE (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Syahril Fajar, 2018)

INTERAKSI SOSIAL ANTAR ORGANISASI KEMAHASISWAAN (ANALISIS TERHADAP INTERAKSI ANTARA BEM, HIMASIO, HIMAKASI DAN HIMAPOL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Defarul Andriansyah, 2015)

HAMBATAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PADA MAHASISWA KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Muazir, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy