//

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairil Anbiya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: literasi sains, pembelajaran kimia, buku ajar Telah dilakukan penelitian dengan judul analisis literasi sains pada buku ajar kimia kelas X SMAN di Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini bertujuan menganalisis alasan guru kimia dalam memilih buku ajar dan menganalisis aspek literasi sains yang terdapat pada buku kimia kelas X yang digunakan di SMAN Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di sepuluh SMAN yang tersebar di tujuh Kecamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah empat buah buku ajar kimia kelas X yang digunakan oleh guru di SMAN Bener Meriah. Sampel dalam penelitian ini adalah dua buku terbanyak yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di sepuluh SMAN di Kabupaten Bener Meriah berdasarkan angket, diperoleh data bahwa alasan penggunaan kedua buku tersebut dikarenakan buku A merupakan sumbangan dari dinas terkait, sedangkan buku B dipilih secara pribadi oleh guru yang bersangkutan karena sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Persentase pernyataan literasi sains dalam aspek: 1) sains sebagai ilmu pengetahuan, buku A: 50,1%, buku B: 33,7%; 2) sains sebagai jalan berpikir, buku A: 15,4%, buku B: 13,7%; 3) sains sebagai cara investigasi, buku A: 26,2%, buku B: 49,6%; 4) interaksi sains, teknologi dan masyarakat, buku A: 8,3%, buku B: 3,0%. Berdasarakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaa literasi sains pada buku ajar kimia kelas X di SMAN Kabupaten Bener Meriah memiliki proporsi yang belum seimbang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X DI SMA KABUPATEN BIREUEN (Anna Zikrina, 2017)

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GENAP (STUDI KASUS DI SMA/MAN KOTA BANDA ACEH) (Faisal Al-Banna, 2019)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VERTEBRATA KELAS X SMA NEGERI 2 BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Erna Rahmi, 2016)

PROFIL DAN EFEKTIVITAS KOMITE SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PERAN DAN FUNGSI PADA SMP NEGERI 3 BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH. (ZULFADLI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy