//

PREVALENSI SIROSIS HEPATIS DENGAN ETIOLOGI VIRUS HEPATITIS B DAN ATAU VIRUS HEPATITIS C DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YULIA ANGGRAINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sirosis Hepatis merupakan suatu keadaan patologis yang menggambarkan stadium akhir fibrosis hepatik yang berlangsung secara progresif. Di Indonesia sirosis hati menempati urutan ketujuh penyebab kematian. Prevalensi sirosis hati di Indonesia pada tahun 2007 sebesar 1,7%. Sekitar 5,7% pasien sirosis hati diakibatkan oleh Hepatitis B atau C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi sirosis hepatis dengan etiologi virus hepatitis B dan atau virus hepatitis C. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan data sekunder berupa rekam medik pasien yang memenuhi kriteria inklusi di bagian rawat inap RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh pada periode Januari 2015 – Desember 2016. Sebanyak 138 pasien memenuhi kriteria penelitian. Hasil penelitian ini didapatkan dari seluruh pasien sirosis hati pada tahun 2015 – 2016 sebanyak 216 pasien terdiagnosis sirosis hepatis dekompensata (100%). Sebagian besar pasien adalah laki-laki (71%), berusia 56 – 65 tahun (31,9%), hasil pemeriksaan serologi yang didapatkan virus hepatitis B (81,2%), virus hepatitis C (10,9%), gabungan virus hepatitis B dan virus hepatitis C (5,8%). Dapat disimpulkan bahwa prevalensi sirosis hepatis dengan etiologi virus hepatitis B yaitu sebesar (81,2%), virus hepatitis C (10,9%) dan virus hepatitis B sekaligus virus hepatitis C sebesar (5,8%%). Kata kunci : sirosis hepatis dekompensata, virus hepatitis B, virus hepatitis C

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

HUBUNGAN GOLONGAN DARAH ABO TERHADAP INFEKSI VIRUS DENGUE (Achmad Kurniawan Almi, 2014)

HUBUNGAN DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HIV/AIDS DI POLIKLINIK VCT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Meurah Intan Mardika, 2016)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

KARAKTERISTIK PENDONOR DARAH YANG REAKTIF HEPATITIS B SURFACE ANTIGEN (HBSAG) DI UNIT TRANSFUSI DARAH (UTD) PMI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2016 (Sagita Najmi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy