//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN GEOMETRI’S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Decy Dhayanti - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Proses pembelajaran yang diharapkan kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang bermakna, aktif, interaktif, dan kontekstual. Salah satu pendekatan yang selaras dengan harapan tersebut adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR), dimana pendekatan matematika realistik akan dapat menumbuhkan karakter-karakter seperti kemandirian, demokrasi, toleransi, tanggung jawab, berpikir kritis, kreatif dan kejujuran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik berbantuan Geometri’s Sketchpad untuk meningkatkan karakter siswa di SMP yang memenuhi kriteri valid, praktis dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan dari Plomp yang diadaptasi menjadi tiga tahap yaitu: (1) fase investigasi awal; (2) fase Prototype; (3) Fase penilaian. Perangkat pembelajara yang dikembangkan berupa RPP, Lembar Aktivitas Siswa (LAS), dan modul pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, tes, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, penilaian karakter kritis dan kreatif, serta angket respon guru dan siswa. Hasil validasi perangkat RPP, LAS dan tes hasil belajar diperoleh bahwa perangkat tersebut dinyatakan valid/layak digunakan dengan sedikit revisi sesuai saran validator. Ujicoba keterlaksanaan pembelajaran di kelas dan peningkatan karakter kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran tergolong baik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi criteria valid, praktis dan efektif. Sehingga perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dapat digunakan dan dijadikan pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lainnya sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKARNDENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI (Murdani, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) (Purnama Wita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy