//

PENGAWASAN PENYALURAN ZAKAT YANG MERUPAKAN SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muaffat - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGAWASAN PENYALURAN ZAKAT YANG MERUPAKAN SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI ACEH Muaffat  Yanis Rinaldi  Adwani ABSTRAK Zakat yang dimasukkan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dalam pengelolaan menganut ketentuan keuangan daerah, merupakan hal yang baru di Indonesia khususnya di Aceh. Terhadap zakat yang bersumber dari PAD dalam penyalurannya masih terdapat permasalahan, salah satunya adalah masalah pengawasan dan mekanisme pengawasan terhadap dana zakat yang dijadikan PAD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan lembaga yang berwenang dalam melakukan pengawasan penyaluran zakat yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan untuk mengetahui serta menjelaskan mekanisme pengawasan terhadap penyaluran zakat yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah di Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan. Bahan hukum primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua materi hukum yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Pengolahan data dilakukan dengan cara mensistematikakan bahan-bahan hukum tertulis dan menganalisis bahan-bahan hukum sekunder. Hasil penelitian menjelaskan lembaga yang berwenang melakukan pengawasan terhadap penyaluran zakat di Aceh adalah, Inspektorat, Dewan Pertimbangan Syariah dan Bidang Pengawasan di Badan Pelaksana Baitul Mal Aceh. Lembaga-lenbaga tersebut melakukan pengawasan yang telah sesuai dengan syariah dan peraturan perundangan yang berlaku. Mekanisme pengawasan yang dilakukan terhadap penyaluran zakat sama seperti sistem pengawasan keuangan daerah atau PAD lainnya. Akan tetapi ini juga tetap diawasi secara khusus, karena zakat di Aceh dapat dikatakan sebagai PAD khusus, sehingga sistem syariahnya tetap berjalan. Disarankan kepada pemerintah untuk memperkuat fungsi Dewan Pertimbangan Syariah. Dalam mengawasi penyaluran zakat di Aceh dan aliran dana zakat kepada mustahiq agar tepat sasaran. Disarankan kepada pemerintah membuat regulasi khusus untuk pengamprahan penyaluran zakat yang menjadi PAD di Aceh, meskipun ada Pergub Nomor 55 Tahun 2010 Tentang Tata Cara Penerimaan dan Pencairan Dana Zakat Pada Kas Umum Aceh. Kata Kunci : Pengawasan, Zakat dan Pendapatan Asli Daerah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PELAKSANAAN DAN PERTANGGUNGJAWABANRNPENYALURAN ZAKAT PROGRAM BEASISWARN PADA BAITUL MAL ACEH (DESI NATASHA, 2015)

ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ZAKAT BERDASARKAN SAK SYARIAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) POS KEADILAN PEDULI UMMAT (PKPU) ACEH (Muhajirin, 2014)

ANALISIS PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL ACEH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI PROVINSI ACEH (Agya Dicky Oktriea, 2014)

ANALISIS EFEKTIVITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAERAH DI PEMERINTAH ACEH TAHUN 2006- 2010 (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH ACEH) (savira noravita, 2013)

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA MODAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Tri Pratiwi Prasetiyoningsih, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.