//

MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER CABANG OLAHRAGA DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Agus Maulizar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Agus, Maulizar. 2016. Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Cabang Olahraga di SMP Negeri 18 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. Muhammad Jafar, M.Pd., (2)Masri, S.Pd., M.Pd Kata kunci: minat, ekstrakurikuler cabang olahraga Kegiatan ekstrakurikuler olahraga merupakan salah satu teknik yang dapat meningkatkan minat siswa dalam berolahraga. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimanakah minat siswa terhadap ekstrakurikuler cabang olahraga di SMP Negeri 18 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap ekstrakurikuler cabang olahraga di SMP Negeri 18 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016 sebanyak 159 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 15% atau sebanyak 24 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Adapun angket dalam penelitian ini bersifat tertutup dan dibuat berjenjang mulai dari intensitas paling rendah sampai intensitas paling tinggi dengan menggunakan skala Likerts. Berdasarkan analisa data, temuan penelitian ini dari beberapa kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga di SMP Negeri 18 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016 bila ditinjau dari segi jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang paling diminati oleh siswa dan dilihat dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga sepakbola, bola basket, dan bulu tangkis tidak begitu banyak yang minati siswa Simpulan dalam penelitian adalah (1) Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, maka peneliti dapat uraikan kesimpulan bahwa cabang olahraga yang di lakukan oleh siswa adalah cabang olahraga bola voli dengan persentase adalah 79% dapat dikatakan baik, kedua cabang olahraga sepakbola dengan dengan persentase adalah 87% dapat dikatakan baik sekali, ketiga cabang olahraga bulutangkis dengan persentase adalah 92% dapat dikatakan baik sekali, keempat cabang olahraga bola basket dengan persentase adalah 87% dapat dikatakan baik sekali. (2) Faktor penghambat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga di SMP Negeri 18 Banda Aceh dikarenakan sarana dan prasana disekolah sangat memadai dan kemampuan guru memberikan mataeri, melatih serta dana sekolah yang baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI MINAT SISWA TERHADAP CABANG OLAHRAGA EKSTRAKURIKULER STUDI SMA LAB SCHOOL UNSYIAH (KONADI, 2013)

EVALUASI PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Julfikar Mosaddeq Bancin, 2015)

PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI MTSN TUNGKOB TAHUN AJARAN 2014/2015 (muharrir rijal, 2015)

PERSEPSI SISWA SMAN 1 SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (Romi Nandar, 2016)

PERANAN GURU PENDIDIKAN JASMANI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SINABANG KABUPATEN SIMEULUE (safrizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.