//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulfanuriza - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Matematika perlu diberikan untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitik, sistematis, kritis, kreatif serta kemampuan bekerja sama. Salah satu tujuan pembelajaran matematika agar siswa mempunyai kemampuan pemahaman matematis. Namun fakta menunjukkan kualitas pendidikan matematika masih tergolong rendah. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar siswa, model dan media yang digunakan selama proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis serta motivasi siswa dalam belajar matematika, guru diharapkan mampu merancang pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung selama pembelajaran, aktif berinteraksi dan berkomunikasi sesama siswa maupun dengan guru dan menggunakan media selama proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dimaksud adalah dengan menerapkan model discovery learning berbantuan macromedia flash 8. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model discovery learning berbantuan macromedia flash 8, korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar matematika serta interaksi antara model pembelajaran dan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Sigli, pemilihan sampel dilakukan secara acak untuk menentukan kelas eksperimen (XI IPA3) dan kelas kontrol (XI IPA6). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, uji korelasi product moment pearson dan uji anova dua jalur diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model discovery learning berbantuan macromedia flash 8 lebih baik daripada penerapan model discovery learning namun tidak signifikan, terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar matematika siswa yang belajar melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan macromedia flash 8, tingkat keeratan hubungan berada pada kategori cukup serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Matematis, Motivasi dan Macromedia Flash 8.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Mirunnisa, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) (Purnama Wita, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.