//

HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP EMOSI NEGATIF PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER FAKLUTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERY SURYA SEVRIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stres dapat dialami oleh setiap orang tidak terkecuali mahasiswa kedokteran, khususnya mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa kedokteran juga merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi kualitas tidur buruk. Emosi negatif muncul ketika mahasiswa dihadapkan pada permasalahan selama perkuliahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres, gender, kualitas tidur terhadap emosi negatif mahasiswa kedokteran Universitas Syiah Kuala angkatan 2014. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan menggunakan rancangan cross sectional. Sebanyak 60 responden diminta untuk mengisi tiga buah kuesioner yaitu, Positive and Negative Affect Schedule (PANAS), The Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan Medical Student Stressor Questionnaire (MSSQ) yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil analisis univariat, responden terbanyak adalah perempuan 66,7%, sebagian besar mahasiswa mengalami stres sedang 51,7% dengan penyebab stres terbanyak yaitu stres akademik (ARS), memiliki kualitas tidur buruk 71,7% dan emosi negatif tinggi 76,7%. Berdasarkan analisis bivariat dengan uji Spearman didapatkan hubungan bermakna antara tingkat stres terhadap emosi negatif dengan nilai P=0,018 (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN TINGKAT STRES ANTARA MAHASISWA SEMESTER III ANGKATAN 2017 DAN SEMESTER VII ANGKATAN 2015 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAUDHATUL JANNAH, 2019)

HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (ZAHARATUL NURDIN, 2016)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEMORI JANGKA PENDEK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2013 YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI (HESTI ANANDINI S, 2016)

GAMBARAN STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER YANG SEDANG MELAKUKAN PENYUSUNAN SKRIPSI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (riska handriani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy