//

FAKTOR – FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KINERJA KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang azhari - Personal Name
SubjectCONSTRUCTION WORKER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

FAKTOR – FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KINERJA KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI KABUPATEN ACEH JAYA Oleh : Azhari NIM. 1109200060043 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. T. Budi Aulia, M. Ing 2. Ir. Ibnu Abbas Majid, M. Sc ABSTRAK Pada pelaksanaan proyek infrastruktur di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, kinerja kontraktor dipengaruhi oleh berbagai macam risiko. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor risiko apa saja yang mempengaruhi kinerja kontraktor berdasarkan kemunculan, dampak serta bagaimana cara penanganannya pada pelaksanaan proyek infrastruktur di Kabupaten Aceh Jaya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi 10 teratas faktor-faktor risiko kritikal yang mempengaruhi kinerja kontraktor serta cara penanganannya pada pelaksanaan proyek infrastruktur di Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini didasarkan pada persepsi (pengalaman) kontraktor pada level pimpinan perusahaan atau manager proyek dari perusahaan kontraktor di Kabupaten Aceh Jaya. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada pelaksanaan proyek infrastruktur tahun anggaran 2010-2012 yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Aceh Jaya, dengan target responden adalah pihak kontraktor yang terlibat pada proyek infrastruktur. Pengumpulan data primer dilakukan dengan survei kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan tahapan uji realibilitas, analisa frekuensi, analisa Frequency Index, Severity Index dan Importance Index. Hasil penelitian adalah teridentifikasi 10 (sepuluh) teratas faktor-faktor risiko kritikal yang mempengaruhi kinerja kontraktor, yaitu: masalah pembebasan lahan; data desain tidak lengkap; gangguan keamanan; keterlambatan pengiriman material; terhambatnya keuangan pihak kontraktor; keterlambatan pembayaran oleh pemilik; kurangnya kedisiplinan tenaga kerja dan tenaga ahli; akses ke lokasi proyek; cuaca dan terakhir kurangnya keterampilan dan keahlian tenaga kerja dan tenaga ahli. Cara penanganan (respon) terhadap 10 teratas faktor-faktor risiko kritikal yaitu: metode mencegah kemungkinan kemunculan dampak risiko yang diaplikasikan atau diterapkan pada faktor risiko masalah pembebasan lahan, gangguan keamanan, akses ke lokasi proyek dan cuaca. Metode mengurangi dampak risiko diaplikasikan atau diterapkan pada faktor data desain tidak lengkap, keterlambatan pengiriman material, terhambatnya keuangan pihak kontraktor, keterlambatan pembayaran oleh pemilik, kurangnya kedisiplinan dan keterampilan dan keahlian tenaga ahli dan tenaga kerja. Kata Kunci: Faktor risiko, kinerja kontraktor, proyek konstruksi, infrastruktur

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMPETENSI KONTRAKTOR TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN PROYEK INFRASTRUKTUR JALAN DI PROVINSI ACEH (ifanda, 2015)

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KINERJA RENDAH PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KABUPATEN ACEH JAYA (FERDI HANDAYA, 2014)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR RISIKO BAGI KONTRAKTOR KECIL DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Syahsan Nazary, 2016)

FAKTOR-FAKTOR UTAMA NON EXCUSABLE DELAYS YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP WAKTU PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH JAYA. (Junaidi, 2014)

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (ZUHRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy