//

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI TABUNG KELAS IX SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosmidar Tinambunan - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARING- ACTIVITY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rosmidar, Tinambunan. 2017. Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Problem Solving pada Materi Tabung Kelas IX Smp Negeri 14 Banda Aceh Tahun 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Univesitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. R. M. Bambang S, M.pd (2) Suhartati, S.pd, M.pd Kata kunci: Kontekstual, hands on problem solving, hasil belajar,tabung Tabung merupakan salah satu materi yang sulit dipahami peserta didik kelas IX SMP Negeri 14 Banda Aceh. Berdasarkan observasi pendahuluan hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran yang tidak sesuai. Pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran konvensional dan tidak dihubungkan dengan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual berbantuan hands on problem solving pada materi tabung merupakan salah satu pendekatan yang dapat menarik minat peserta didik dalam belajar matematika. Hal ini dikarenakan pendekatan kontekstual berbantuan hands on problem solving menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan melibatkan benda-benda fisik yang dapat disentuh tangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan hands on problem solving pada materi tabung di kelas IX SMP Negeri 14 Banda Aceh tahun 2017/2018. penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 14 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IX-1 yang dipilih secara acak dengan jumlah 18 peserta didik. Data yang diolah berupa hasil tes dengan mengunakan statistik uji-t pihak kanan dan data lembar observasi aktivitas peserta didik dianalisis mengunakan persentase untuk memperoleh gambaran berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Perhitungan yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,89 > 1,74. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik mencapai kategori baik dengan menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan hand on problem solving pada materi tabung di kelas IX tahun 2017/2018 mencapai kategori baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy