//

KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN TINGKAT MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI 2 BANDA ACEH PADA KONSEP GERAK LURUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riza Syafira - Personal Name
SubjectCURRICULA
TEACHING MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar dengan tingkat miskonsepsi siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 2 Banda Aceh Tahun Ajaran 2017/2018 pada konsep gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA SMA Negeri 2 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 7 berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dengan Certainty of Response Index (CRI) dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas X MIA 7 memiliki rata-rata persentase sebesar 75,90% dan tingkat miskonsepsi yang terjadi pada kelas X MIA 7 memiliki persentase rata rata 39%. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa diduga dipengaruhi oleh faktor minat belajar siswa. Ditemukan korelasi sebesar -0,0456 yang artinya terdapat korelasi berlawanan antara minat belajar dan tingkat miskonsepsi siswa, yaitu semakin rendah minat belajar siswa maka miskonsepsi siswa akan semakin tinggi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT MISKONSEPSI SISWA DENGAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GERAK LURUS (Renny Julianda, 2018)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPON INDEX (CRI) PADA KONSEP GERAK DAN GAYA DI SMAN 5 BANDA ACEH (Sarianita, 2018)

ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (Nurul Fajriana, 2016)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP DASAR PECAHAN DI KELAS IX SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Yuni Purnama Sari, 2016)

HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KLEAS X MIA1 SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (Yenny Kurniawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy