//

EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRNA SEPTIANI ZIRDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kurikulum berkarakter 2013 diarahkan untuk pembelajaran aktif yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) termasuk salah satu metode pembelajaran aktif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa dan ketuntasan klasikal. Penelitian ini mengkaji masalah apakah metode TAPPS efektif terhadap pencapaian ketuntasan. Tujuannya untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran TAPPS terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan penelitian kualitatif. Eksperimen dilakukan pada satu kelas yang berjumlah 33 orang siswa. Data dikumpulkan melalui hasil tes subsumatif siswa pada akhir materi dan diolah menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 30 siswa (90,9%) mampu mencapai ketuntasan individu. Berdasarkan Mulyasa (2005:105) jika > 85% siswa mencapai ketuntasan klasikal maka pembelajaran dikatakan efektif. Berdasarkan hasil dari analisis data, diperoleh bahwa penerapan metode TAPPS pada pembelajaran fisika materi gerak lurus kelas X di SMA Negeri 2 Banda Aceh mencapai ketuntasan klasikal. Oleh sebab itu disimpulkan bahwa metode TAPPS efektif mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ARITMATTIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP METHODIST BANDA ACEH (Cici Prastika, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Widya Mardiah, 2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy