//

KECERNAAN IN-VITRO KULIT KOPI (COFFEA SP) YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN SAUS BURGER PAKAN DENGAN LEVEL PEMBERIAN BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khalil Zardari - Personal Name
SubjectFEEDS - ANIMAL HUSBANDRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Suatu penelitian tentang kecernaan kulit kopi untuk pakan ternak ruminansia. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi Dan Teknologi Pakan Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh untuk proses fermentasi pakan dan dilanjutkan dengan pengiriman sampel penelitian ke Laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk pengujian In Vitro dan N-NH3. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni 2017 sampai bulan Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecernaan secara in vitro kulit kopi fermentasi dengan level yang berbeda menggunakan Saus Burger Pakan (SBP). Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan, dimana P0 (kontrol), P1 (kulit kopi + SBP 0,5%), P2 (kulit kopi + SBP 1%), dan P3 (kulit kopi + SBP 1,5%). Masing – masing ditambahkan molases 3%, 0,1 urea %, dan tepung sagu 3 %. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah nilai pH, kadar N-NH3, Koefisien Cerna Bahan Kering (KCBK) dan Koefisien Cerna Bahan Organik (KCBO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan inokulum SBP sebanyak 1% menghasilkan nilai pH terendah 6,68 dan konsentrasi N-NH3 8,66 (mM) pada cairan rumen in vitro, yang mendukung terjadinya fermentasi dan degradasi protein pakan secara optimal. Namun hasil ini tidak diikuti dengan peningkatan koefisien cerna bahan kering (KCBK) 58,06% dan bahan organik (KCBO) 55,35% secara optimal, meskipun penambahan 1% SBP menunjukkan hasil terbaik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KECERNAAN IN VITRO PAKAN LENGKAP FERMENTASI BERBAHAN DASAR TONGKOL JAGUNG DENGAN LAMA PEMERAMAN YANG BERBEDA (Muhammad Akbar Yusren, 2018)

KAJIAN KANDUNGAN NUTRISI KULIT KOPI (COFFEA SP) YANG DIFERMENTASI DENGAN BAHAN FERMENTASI KOMERSIL PADA LEVEL BERBEDA (Wanni Ranto Sembiring, 2018)

EVALUASI KECERNAAN IN VITRO COMPLETE FEED FERMENTASI BERBAHAN DASAR AMPAS SAGU DENGAN TEKNIK FERMENTASI BERBEDA (Sugrahadi Ahmad Aprianto, 2016)

EVALUASI KECERNAAN IN VITRO PAKAN KOMPLIT FERMENTASI BERBAHAN DASAR AMPAS SAGU DENGAN LAMA PEMERAMAN YANG BERBEDA (zubaili, 2017)

ANALISA KECERNAAN IN VITRO FERMENTASI KULIT KOPI (COFFEA SP) MENGGUNAKAN PRODUK INOKULAN YANG BERBEDA (Iqlima, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy