//

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Virdayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kepatuhan dalam menjalani hemodialisis (HD) pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK) adalah isu yang penting di bidang kesehatan. Kepatuhan dalam menjalani diet, modifikasi cairan dan menjalani hemodialisis merupakan hal yang penting dalam menjalani terapi pengganti ginjal, ketidakpatuhan dalam menjalani terapi tersebut merupakan suatu masalah kesehatan yang akan mempengaruhi kualitas hidup dan juga akan meningkatkan biaya pengobatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepatuhan dengan kualitas hidup pasien PGK yang menjalani hemodialisis di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan rancangan cross sectional. Didapatkan 72 sampel dengan metode quota sampling. Data yang diambil meliputi kepatuhan dan kualitas hidup pasien hemodialisis di instalasi Hemodialisis dengan menggunakan kuisioner ESRD-AQ dan kuisioner SF-36. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian kepatuhan menggunakan kuisioner ESDR-AQ didapat 59 responden (81,9%) patuh dan 13 responden (18,1%) tidak patuh. Penilaian kualitas hidup menggunakan SF-36 didapatkan 31 responden (43,1%) baik dan 41 responden (56,9%) kurang baik. Hasil analisa data antara kepatuhan dengan kualitas hidup diperoleh p value 0,445 (p>0,05), kepatuhan dengan kualitas hidup pada skala emotional well-being p value 0,019 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH USIA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nia Wahyuni Harti, 2016)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN (Raudhatul Jannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy