//

PENGARUH VARIASI SALURAN TUANG DAN PENGIKAT CETAKAN PASIR TERHADAP KUALITAS HASIL CORAN RANGKA SEPEDA PROFIL “T” DAN “I”

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syukran - Personal Name
SubjectBICYLES - ENGINEERING
CENTRIFUGAL CASTING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pembuatan frame sepeda menggunakan proses pengecoran memanfaatkan aluminium paduan bekas dapat menjadi salah solusi alternatif yang ramah lingkungan. Kualitas produk pengecoran umumnya dipengaruhi oleh jenis cetakan serta sistem saluran yang digunakan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengamati pengaruh variasi saluran tuang terhadap cacat coran. Mengamati pengaruh variasi pengikat cetakan terhadap nilai kekerasan dan komposisi kimia sebelum dan sesudah pengecoran. Penelitian ini menggunakan cetakan pasir berpengikat bentonit, water glass dan resin furan dengan variasi jumlah saluran tuang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cetakan dengan jumlah dua saluran tuang memiliki tingkat keberhasilan coran yang lebih tinggi dengan kecacatan rendah. Cetakan pasir berpengikat resin furan memiliki hasil coran dengan nilai kekerasan paling tinggi sebesar 46 HRB (terjadi penurunan kekerasan sebesar 17% dari nilai kekerasan bahan baku) dibandingkan hasil coran dengan cetakan berpengikat water glass dan bentonit. Dari hasil pengujian kimia terhadap bahan baku dan hasil coran didapat komposisi kimia yang tergolong kedalam paduan AlSi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN CETAKANRNPASIR MENGGUNAKAN PEREKAT SEMEN DENGAN CORAN KUNINGAN BEKASRNPADA INDUSTRI SOEVENIR RENCONG (Dani Dwi angga, 2014)

PROSES PEMBUATAN CETAKAN PASIR UNTUK PENGECORAN KUALI (riski ananda, 2014)

PEMBUATAN WAJAN PENGGORENG MELALUI TEKNOLOGI PENGECORAN LOGAM DARI PEMANFAATAN ALUMINIUM BEKAS (Khaidir, 2014)

ANALISA CACAT HASIL CORAN DARI BAHAN KUNINGAN BEKAS UNTUK PEMBUATAN SOUVENIR RENCONG ACEH (Zharif Milzam, 2016)

KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS PENGIKAT (AC-BC) MENGGUNAKAN PASIR LAUT SEBAGAI AGREGAT HALUS (Teuku Erdiwansyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy