//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WIRDATUL WAHIDA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
MOTIVATION
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Wirdatul Wahida. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dipadu Peta Konsep Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di MAS Babun Najah Banda Aceh”. Pembimbing I Dr. Hasanuddin, M.Si,. Pembimbing II Prof. Dr. Djufri, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem posing dipadu peta konsep terhadap keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain kelompok kontrol/perbandingan pretest postest beracak (Randomized Pretest-Posttest Control/Group Design). Penelitian ini dilaksanakan pada 4 kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I, kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen II, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen III dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk menilai keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dan angket motivasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan analisis varian (ANAVA) pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis varian menunjukkan bahwa F_hitung >〖 F〗_tabel yaitu untuk keterampilan berpikir kritis 290,05 > 2,70, motivasi belajar 160,95 > 2,70 dan hasil belajar siswa 14,83 > 2,70. Simpulan model pembelajaran Problem Posing dipadu peta konsep berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa pada materi pemcemaran lingkungan di MAS Babun Najah Banda Aceh. Kata Kunci: Problem Posing, Peta Konsep, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dewi Erianti, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS GENDER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (LASRI, 2017)

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMPN 15 BANDA ACEH (Ruslaini, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy