//

PENGARUH DERAJAT ROASTING DAN KOMPOSISI PENAMBAHAN KOPI ARABIKA PADA KOPI ROBUSTA TERHADAP TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TIRNI GEMASIH - Personal Name
SubjectCOFFEE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang sangat terkenal di dunia. Ada dua jenis kopi yang biasa dikomersialisasikann yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Kopi robusta memiliki karakter rasa pahit dan aroma lebih lemah. Kopi arabika memiliki karakter rasa asam dan aroma yang kuat. Industri dalam prakteknya melakukan pencampuran kopi robusta dan arabika untuk menghasilkan citarasa yang diinginkan. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh derajat roasting dan persentase penambahan kopi arabika pada kopi robusta terhadap kualitas kopi racikan. Penelitian dilakukan mengikuti Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan faktor pertama adalah komposisi arabika (P) dan faktor kedua adalah derajat roasting (T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat roastingberpengaruh sangat nyataterhadap pH dan organoleptik deskriptif.Semakin besar persentase arabika dalam kopi racikan, keasaman seduhan akan meningkat. Skor cup test dengan komposisi arabika 20% dan derajat roasting mediummenghasilkan seduhan kopi yang terbaik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERMINTAAN KOPI ARABIKA ROASTING (SANGRAI) DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (Rauzatul Jannah, 2017)

PERILAKU KONSUMEN BEBERAPA FORMULA KOPI MIX ARABIKA (Arsa Yudi Hanafi, 2018)

PENGARUH KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP VISKOSITAS SALIVA SECARA IN VITRO (Rosdiana Ginting, 2014)

ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP MINUMAN KOPI ROBUSTA DI KOTA BANDA ACEH (Cut Vania Utami, 2015)

UJI PERFORMANSI INSTRUMENT BERBASIS TEKNOLOGI LASER PHOTO-ACCOUSTICS UNTUK DEFERENSIASI KOPI (Giar Pramanda Putra, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy