//

PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) YANG MENDUKUNG PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI FLUIDA STATIS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitriana. 2017. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Yang Mendukung Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Materi Fluida Statis Pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ngadimin, M. Si., (2) Drs. Soewarno, M. Si. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dampak penggunaannya terhadap hasil pembelajaran, dan tanggapan siswa terhadap LKPD yang mendukung pembelajaran Contextual Teaching and Learning materi fluida statis. Pembuatan LKPD dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan dipilih model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evalutions). Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Banda Aceh, pada siswa kelas XI MIA 1 sebanyak 30 orang. Sebelum LKPD diberikan kepada peserta didik maka LKPD divalidasi oleh dosen ahli dan diperoleh nilai validasi sebesar 94,17%, ini termasuk ke dalam kriteria sangat baik, sangat valid, dan tidak revisi. Setelah peserta didik menggunakan LKPD dalam pembelajaran CTL maka adanya peningkatan hasil belajar yang mencapai ketuntasan nilai KKM diperoleh dari tes tulis yang diberikan pada setiap pertemuannya. Untuk pertemuan pertama 83%, pertemuan kedua 93%, pertemuan ketiga 97%, dan pertemuan terakhir 100 %. Tanggapan peserta didik terhadap penggunaan LKPD diperoleh sebesar 80,28% termasuk ke dalam penilaian sangat baik yang menunjukkan siswa merespon positif terhadap LKPD yang dikembangkan.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN IMPLEMENTASI PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA (Amalia Gustina, 2018)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA (Sri Ulandari, 2018)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI TARAF INTENSITAS BUNYI DI SMA (RAIHAN TIRTA, 2018)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (HAYATUN NUFUS, 2018)

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOME EXPERIMENT PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH TERHADAP HASIL BELAJAR (OKA MUNIRA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy