//

ANALISIS SIKAP PETANI PADI SAWAH DALAM MENGHADAPI RISIKO DI KECAMATAN BLANG BINTANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alisyahbana Siregar - Personal Name
SubjectRODUCTION EFFIENCY - AGRICULTURAL INDUSTRIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Sikap merupakan salah satu tolak ukur dalam perkembangan pertanian khususnya pada sektor pangan yaitu padi. Sikap petani dalam melakakukan usaha-usaha tani mencerminkan produktivitas. Risiko yang dihadapkan oleh petani dalam penelitian ini terfokus kepada risiko cuaca, risiko modal, risiko serangan hama dan penyakit, risiko harga dan risiko pascapanen (jarak usahatani ke pusat pasar). Lokasi penelitian secara sengaja dilakukan di Kecamatan Blang Bintang dan secara sengaja dipilih enam desa sebagai sampel. Enam desa tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni Kategori Desa A dan Kategori Desa B Jumlah petani yang menjadi responden ditentukan secara Proportionate Stratified Random Sampling adalah sebanyak 50 orang. Jumlah petani dari Kategori Desa A adalah sebanyak 21 orang dan jumlah petani dari Kategori Desa B adalah Sebanyak 29 orang. Skala sikap yang digunakan adalah skala 1-4 yang menyatakan sikap toleransi rendah, skala 5-7 menyatakan sikap toleransi sedang dan skala 8-11 menyatakan sikap toleransi yang tinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa semakin bertambahnya umur, pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, dan pengalaman, maka petani semakin toleran terhadap risiko yang kemungkinan terjadi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI TOMAT TERHADAP RISIKO USAHATANI TOMAT DI KABUPATEN BENER MERIAH DAN KABUPATEN ACEH TENGAH (Suci Afridila, 2018)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI PADI TERHADAP RISIKO USAHATANI PADI DI KABUPATEN ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TENGAH (WILDA WAHYUNI, 2018)

ANALISIS PENYIMPANGAN LUAS LAHAN SAWAH IRIGASI SECARA SPASIAL DALAM BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahayu Ansya Fitri, 2017)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI TERHADAP RISIKO USAHATANI JAGUNG DI KABUPATEN ACEH TIMUR DAN KABUPATEN BENER MERIAH (NANDA FAULIA, 2018)

ANALISIS MOTIVASI PETANI DALAM BERUSAHATANI PADI SAWAH BERDASARKAN STATUS KEPENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (RINALDI MIRZA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy