//

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO DESIGN AND BUILD TERHADAP KESUKSESAN PROYEK REHABILITASI TOTAL GEDUNG PENDIDIKAN DI PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andi Maruli Tarigan - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO DESIGN AND BUILD TERHADAP KESUKSESAN PROYEK REHABILITASI TOTAL GEDUNG PENDIDIKAN DI PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA Oleh: Andi Maruli Tarigan NIM. 1209200060022 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. Abdullah, M.Sc 2. Dr. Hafnidar A. Rani, ST, MM ABSTRAK Pelaksanaan proyek dengan sistem design and build, dihadapkan dengan berbagai risiko. Risiko tersebut diantaranya tidak tersedia data pendukung seperti peta geologi, data penyilidikan tanah, gambar basic desain, dan dokumen lingkungan, serta adanya kesulitan dalam mengukur prestasi pekerjaan. Risiko tersebut, dapat mempengaruhi kesuksesan proyek. Kesuksesan proyek ditandai dengan adanya kesesuaian anggaran dengan biaya aktual, kesesuaian rencana waktu dengan waktu pelaksanaan, mutu sesuai dengan spesifikasi, dan adanya kepuasan pihak-pihak yang terlibat dalam proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh antara faktor-faktor risiko design and build terhadap kesuksesan proyek, serta mengindentifikasi faktor dominan pada risiko design and build yang mempengaruhi kesuksesan proyek rehabilitasi total gedung pendidikan pada paket 4 di Provinsi DKI Jakarta. Paket 4 ini meliputi 18 unit gedung SDN, dan 2 unit gedung SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikuantitatifkan melalui kuesioner, dimana respondennya ditujukan pada 30 tenaga ahli Manajemen Konstruksi (MK), dan 17 personil owner dengan total sebanyak 47 responden. Faktor-faktor resiko design and build yang dianalisis pada penelitian ini yaitu faktor kemampuan manajemen owner, proses procurement, kemampuan perencanaan, kemampuan pelaksanaan, kemampuan project manager, dan faktor lingkup proyek. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan semua item pertanyaan valid dan variabel reliable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkup proyek mempunyai hubungan yang sangat rendah, faktor kemampuan manajemen owner, kemampuan pelaksanaan dan kemampuan project manager mempunyai hubungan yang rendah, faktor kemampuan perencanaan mempunyai hubungan yang cukup, dan faktor proses procurement mempunyai hubungan yang tinggi terhadap kesuksesan proyek. Faktor-faktor risiko design and build semuanya berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan proyek sebesar 69,8%. Faktor dominan pada risiko design and build yang mempengaruhi kesuksesan proyek adalah faktor proses procurement. Hal ini menunjukkan bahwa bila faktor proses procurement dapat ditangani oleh owner dan panitia lelang, maka kesuksesan proyek akan semakin meningkat. Kata Kunci: Rancang bangun, procurement, kesuksesan proyek

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO WAKTU TERHADAP BIAYA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD TAUFIK, 2018)

IDENTIFIKASI KEMUNGKINAN TERJADINYA RISIKO TERHADAP ASPEK KONTRAK DAN PERENCANAAN PADA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Intan Sari, 2016)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

RISIKO EKSTERNAL PADA PELAKSANA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Syarafina, 2016)

RISIKO MANAJERIAL, OPERASIONAL, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Cut Annisa Widyasari Mastura, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy