//

KAJIAN JALUR HIJAU JALAN DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS JL. DR. MR. TEUKU MOEHAMMAD HASAN DAN JL. PROF. ALI HASJMI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrurradhi - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

KAJIAN JALUR HIJAU JALAN DI KOTA BANDA ACEH (Studi Kasus Jl. DR. Mr. Teuku Moehammad Hasan dan Jl. Prof. Ali Hasjmi) Oleh : Fakhrurradhi NIM. 1209200060054 Komisi pembimbing : Dr. Ir. M. Isya, MT Ir. Mirza Irwansyah, MBA, MLA, Ph.D ABSTRAK Jalur hijau jalan merupakan bagian lansekap di area ruang milik jalan (rumija) yang mempunyai fungsi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, penunjang kegiatan edukasi, rekreasi dan konservasi, estetika dan identitas kawasan serta menjadi pembentuk karakter suatu kota. Tanaman merupakan elemen utama pada penataan jalur hijau jalan. Fungsi tanaman pada lanskap jalan adalah untuk mengurangi paparan cahaya matahari langsung dan lampu kendaraan, sebagai pengarah, pembatas fisik, mengendalikan pergerakan, mengontrol iklim mikro, dan habitat satwa. Tata susunan tanaman pada jalur hijau jalan di area ruang milik jalan (rumija) seperti pepohonan, semak yang sesuai dengan prinsip dan peraturan desain akan memberikan dampak lebih dari segi estetika. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi jenis pohon di jalur hijau jalan dari fungsi estetika, kenyamanan dan keselamatan, mengidentifikasi penempatan pohon pada jalur hijau jalan. Menentukan strategi penerapan pada penyelenggaraan jalur hijau jalan. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan analisa deskriptif dan analisis data secara Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil analisis SWOT diperoleh 3 (tiga) alternatif strategi yaitu 1) Meningkatkan kuantitas dan kualitas pohon serta meningkatkan pengaturan terhadap sistim tanam, jarak tanam dan jenis pohon. 2) Meningkatkan sosialisasi master plan RTH Kota Banda Aceh dan peraturan teknis jalur hijau jalan dalam upaya pengendalian dan pemanfaatan ruang terbuka pada area rumija dan ruwasja, 3) Meningkatkan partisipasi dan dukungan masyarakat dan pihak-pihak terkait dalam menciptakan jalur hijau jalan yang teratur sesuai dengan master plan RTH serta peraturan teknis jalur hijau jalan. Kata kunci : Jalur hijau jalan, estetika, SWOT, Kota Banda Aceh v

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ESTIMASI SIMPANAN KARBON DIOKSIDA (CO2) PADA BIOMASSA POHON DI JALUR HIJAU JALAN KOTA BANDA ACEH (Munawaratul Makhya, 2016)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (Almira Hilal, 2017)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN LINTAS BAWAH(UNDERPASS) SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (CUT SABRINA UTAMI, 2017)

EVALUASI KINERJA JALAN ( STUDI KASUS JALAN TEUKU MUHAMMAD HASAN KOTA BANDA ACEH ) (ILHAM AKBAR, 2014)

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy