Search :

Advance


KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PETANI PADI (Suatu penelitian di Gampoeng Lam Beutong, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar) (Suatu penelitian di Gampoeng Lam Beutong, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Feri Iswandi - Personal Name
Subyek ECONOMIC SOCIOLOGY
AGRICULTURE - ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FISIPOL
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Kondisi Sosial Ekonomi masyarakat petani padi, yang dilihat dari beberapa indikator sesuai dengan BPS 2010 yaitu, kesehatan, pendidikan, usia, pendapatan, pengeluaran, kondisi rumah, status kepemilikan lahan, modal dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kondisi sosial ekonomi petani (padi) dan memahami masalah-masalah yang dihadapi dalam pertanian. Penelitian ini dilakukan di Gampong Lam Beutong, Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi dan pembagian kuesioner. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah keluarga petani sebanyak 100 responden. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi masyarakat petani di Gampong Lam Beutong masih tergolong rendah, hal ini dipengaruhi oleh rendahnya pendapatan petani (padi) yang rata-rata di bawah Rp 1000.000 / bulan jika dirupiahkan dengan harga padi 4000/kg dan luas lahan lebih kecil dari ½ hektar atau lebih kecil dari 2,5 nalih sawah. Dengan hasil panen 50 nalih atau setara dengan 1 ton padi dalam sekali panen. Setahun petani (padi) hanya bisa panen sebanyak dua kali. Minimnya luas lahan (sawah) yang digarap menjadi problema utama pada masyarakat petani di Gampong Lam Beutong. Kata kunci : Kondisi Sosial Ekonomi dan Petani Padi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PETANI PADI DI GAMPONG EMPE ARA KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESARRN(SUATU PENELITIAN DI GAMPONG EMPE ARA ACEH BESAR) (RIZKI AULIA, 2014)

KEANEKARAGAMAN INSEKTA PADA TANAMAN CENGKEH DI GAMPONG MEUNASAH BEUTONG KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Intan Maulina, 2016)

BENTUK PENYAJIAN DALAIL KHAIRAT DI GAMPOENG BINEH BLANG KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (M. Ridhaillah, 2015)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM BERUSAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI ACEH BESAR (Necia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.