//

PERANAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MEMBANTU PENYESUAIAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB NEGERI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahayu Anggi Dewi Sumalam - Personal Name
SubjectSPECIAL EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sumalam, Rahayu Anggi Dewi. 2017. Peranan Kompetensi Sosial Guru Dalam Membantu Penyesuaian Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SDLB Negeri Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Penyesuaian Sosial, ABK Banyak cara yang digunakan guru dalam membantu penyesuaian sosial ABK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kompetensi sosial guru, hambatan dan solusi dalam membantu penyesuaian sosial anak berkebutuhan khusus di SDLB Negeri Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang guru SDLB Negeri Kota Banda Aceh, yang meliputi 2 orang guru kelas tunanetra, 2 orang guru kelas tunarungu, 2 orang guru kelas tunagrahita ringan, 2 orang guru kelas tunagrahita sedang, 2 orang guru kelas tunadaksa ringan, dan 2 orang guru kelas autis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa peranan kompetensi sosial guru dalam membantu penyesuaian sosial ABK di lingkungan sekolah yaitu membantu siswa bersosialisasi dengan guru, teman sebaya dan komponen yang ada di lingkungan sekolah. Peranan guru dalam membantu penyesuaian sosial ABK terhadap teman sebaya yaitu memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa. Peranan guru dalam membantu peyesuaian sosial ABK pada proses KBM yaitu menciptakan berbagai media dan metode dalam pembelajaran. Hambatan yang dialami guru dalam membantu penyesuaian sosial ABK adalah siswa sulit untuk bersosialisasi, berkomunikasi, siswa masih senang dengan dunianya sendiri, siswa suka mengganggu temannya, kurangnya media pembelajaran yang mendukung serta daya tangkap siswa yang masih rendah. Solusi yang digunakan dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru berusaha menciptakan berbagai metode dan media agar siswa tidak mudah jenuh pada saat KBM, lalu guru memberikan arahan, nasehat, motivasi, bimbingan serta bekerja sama dengan orang tua siswa untuk mengatasi masalah siswa. Maka dapat disimpulkan bahwasanya peran kompetensi sosial guru yang paling dominan yaitu peran guru dalam berkomunikasi, bekerjasama serta menghargai pendapat dari siswanya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (SUATU PENELITIAN PADA SDN 25 BANDA ACEH) (suryani, 2014)

PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2019)

BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL RNANAK TUNARUNGU RN(SUATU PENELITIAN DI SDLB NEGERI KEBAYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH) (Nuzlita Ramasepa, 2014)

PERANAN GURU DALAM PROSES SOSIALISASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMALB LABUI BANDA ACEH (Rizka Maulinda, 2016)

PENGARUH GAYA KELEKATAN ORANGTUA-ANAK TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Suci Rahmadyanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy