//

STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK PADUAN ALUMINIUM DAUR ULANG HASIL PENGECORAN UNTUK RANGKA SEPEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hidayatullah - Personal Name
SubjectCOMPOSITE MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik mekanik dan struktur mikro dari aluminium paduan daur ulang untuk rangka sepeda hasil pengecoran. Proses pengujian kekerasan, impak, komposisi kimia dan struktur mikro mengacu pada stsandar ASTM. Hasil pengujian komposisi kimia menunjukkan Aluminium paduan ini didominasi oleh unsur Al dan Si dengan kandungan masing-masing Al 83,149% dan Si 6,485%. Kandungan unsur silikon 6.485% atau kurang dari 12.6% mengindikasikan terjadinya fasa hipoeutectic pada paduan ini. Pengujian kekeraraan menunjukkan nilai kekerasan 38.8 HRB atau setara dengan 81 HB. Pengujian kekuatan impak pada suhu ruangan adalah 3.9 J, analisa pada permukaan patahan mengindikasikan patahan getas terjadi pada pengujian ini. Pengamatan struktur mikro menggunakan mikroskop optik mengandung fasa α-Al dan fasa Al-Si yang mengelilingi matriks aluminium. Hasil pengujian kekerasan 81 HB menunjukkan hasil yang mendekati nilai kekerasan dari aluminium paduan A319.0, yaitu 80 HB

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SIFAT MEKANIS DAN SIFAT FISIS ALUMINIUM BEKAS HASIL CORAN (Tio Muger Stiawan, 2015)

KARAKTERISASI MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO PADUAN ALUMINIUM DAUR ULANG HASIL PENGECORAN UNTUK PROPELER KAPAL NELAYAN (MARBENGET GULTOM, 2019)

PENGEMBANGAN PAPAN PARTIKEL DARI JERAMI PADI DAN LIMBAH PLASTIK ( POLIPROPILENA DAUR ULANG) (NURUL FITRI, 2019)

KARAKTERISASI SIFAT MEKANIK DAN SIFAT FISIS PAPAN PARTIKEL DARI SERAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DENGAN PEREKAT POLIPROPILENA DAUR ULANG (Nurul Fitri, 2016)

ANALISIS TINGKAT KEKERASAN HASIL CORAN MAGNESIUM PADUAN DENGAN PENAMBAHAN UNSUR LOGAM (Zahrul Fuadi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy