//

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE BINA MARGA ( STUDI KASUS RUAS JALAN KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RONI SETIAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan pembangunan dan ekonomi dalam suatu daerah tidak lepas dari peranan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk diketahahuinya jenis kerusakan perkerasan Jalan Kecamatan Montasik – Kabupaten Aceh Besar berdasarkan metode Bina Marga (BM) serta mengetahui kondisi jalan apakah masih dalam keadaan baik atau buruk. Lokasi pengamatan yang dilakukan adalah dari Simpang Bak Cirih sampai Bundaran Mata Ie Kecamatan Montasik dengan panjang ruas jalan 1,6 km menggunakan metode Bina Marga dengan membagi jalan menjadi beberapa STA yaitu tiap 100 m. Kemudian tiap STA jalan dilakukan pengamatan secara visual, yaitu pengukuran untuk mengidentifikasi jenis dan jumlah kerusakan dan dilakukan pengamatan volume lalu-lintas. Dalam metode Bina Marga, kerusakan ditentukan dari 2 faktor utama yaitu: tipe kerusakan dan jumlah kerusakan. Pada ruas Jalan Kecamatan Montasik kerusakan yang didapat adalah retak memanjang luasnya 471,33 m², tambalan luasnya 224,17 m², lubang luasnya 108,67 m², amblas dengan luasan 105,44 m², pelepasan butir dengan luasan 48 m², dan retak kulit buaya dengan luasan 30 m². Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Jenis pemeliharaan pada keempat segmen adalah pemeliharaan rutin dengan nilai UP sebesar 9,10 dan 11. Sehingga alternatif jenis pemeliharaan yang sesuai adalah program tambalan (patching) dan dilapisi ulang. Tindakan perbaikan dengan memberikan lapisan tambahan pada perkerasan jalan yang berfungsi untuk menerima beban lalu-lintas dan menyebarkannya ke lapisan di bawahnya, kemudian diteruskan ke tanah dasar. Untuk mempertahankan kinerja perkerasan jalan, diperlukan tindakan perbaikan kerusakan berupa pemeliharaan rutin setiap tahun. Kata Kunci : Lalu-lintas, Kerusakan jalan, Metode Bina Marga, Urutan Prioritas, Penangan jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN BEUREUNUEN – BATAS KEUMALA) (YUSWARDI RAMLI, 2017)

PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN ELAK IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA TAHUN 2017 (Wahyu Ikramullah, 2017)

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX ( STUDI KASUS RUAS JALAN KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR) (ADE REZA DUANA, 2017)

EVALUASI KERUSAKAN JALAN KELAS IIIC PADA JALAN TGK. CHIK BA KURMA, KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (ATIKA ANDRIANI, 2017)

EVALUASI TERHADAP KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS JALAN GUNUNG GEURUTE STA 65+600 – 69+600) (Rosi Tayana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy