//

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEHADIRAN BELAJAR SISWA DISEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LAYYA KHADIFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana hubungan antara keharmonisan keluarga dan kehadiran anak di sekolah. Bahwa lingkungan khususnya keluarga memberikan pengaruh terhadap kehadiran belajar anak di sekolah. Siswa yang memiliki keluarga yang harmonis akan mendapat perhatian, kasih sayang yang penuh dari orang tuanya, sehingga motivasi belajarnya di sekolah meningkat dan kehadiran di sekolah pasti akan meningkat pula. Sebaliknya, keluarga yang tidak harmonis akan berdampak pada kurangnya perhatian dan kasih sayang, sehingga kehadiran untuk mengikuti kegiatan di sekolah akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa pada siswa siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional untuk menjelaskan masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif untuk menjelaskan masalah penelitian yang menjadi populasi penelitian seluruh siswa angkatan X dan XI di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 126 sampel yaitu orang tua siswa siswi dan siswasiswi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Alat ukur angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket keharmonisan keluarga yang telah diteliti oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam SPTK (Survei Pengukuran Tingkat Kebahagian) 2017 dan kehadiran belajar berdasarkan kehadiran siswa di sekolah. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabelitas untuk instrumen keharmonisan keluarga 0,923 dan 0,982 untuk instrumen kehadiran belajar siswa yang berarti keduanya reliabel. Teknik analisis yang menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Hubungan itu ditunjukkan oleh hasil korelasi yang dilakukan dengan bantuan SPSS 21. Uji korelasi keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa dengan indeks 0,288 yang membuktikan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi juga kehadiran belajar siswa di sekolah. Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Kehadiran Belajar Siswa di Sekolah, Remaja Sekolah Menengah Atas Negri (SMAN) 5 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Darma Sena, 2018)

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH) (Sas Idiarni, 2017)

PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA (Rismawati, 2019)

LINGKUNGAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Amna Marisa, 2014)

ANALISIS FAKTOR KELUARGA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH BESAR (NURUL SEPTIANA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy