//

REVITALISASI MITIGASI BENCANA MELALUI PERENCANAAN KOMUNIKASI KEBENCANAAN OLEH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (BPBA) KEPADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lukmanul Hakim - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Revitalisasi Mitigasi Bencana Melalui Perencanaan Komunikasi kebencanaan oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Kepada Masyarakat Kota Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses revitalisasi mitigasi bencana dan hambatan yang dihadapi oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh dalam melakukan revitalisasi tersebut. Penelitian ini dilakukan di Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian sebagai informan sebanyak 6 orang dari BPBA. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan komunikasi. Bahwasanya teori perencanaan komunikasi dipilih untuk mengetahui bagaimana proses revitalisasi mitigasi bencana melalui perencanaan dalam upaya penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya BPBA dalam mensosialisasikan informasi bencana kepada masyarakat di lakukan melalui sosialisasi dan simulasi yang dalam menjalankannya telah dilakukan perencanaan, penerapan dan evaluasi, sedangkan hambatan yang dihadapi adalah cakupan daerah yang luas, waktu yang terbatas, keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya kesadaran masyarakat, metode pendekatan kepada masyarakat, keterbatasan dana dan pergantian pemimpin daerah. Kata Kunci: Revitalisasi, Mitigasi Bencana, Masyarakat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN DISTRIBUSI PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA ACEH TERHADAP PROGRAM KEBENCANAAN (Rahmat Fitriyanto, 2016)

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (BPBA) DALAM MENSOSIALISASIKAN INFORMASI BENCANA KEPADA MASYARAKAT (Andi Wibowo, 2015)

BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PEGAWAI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (BPBA) (Shely Muna, 2016)

PENGARUH ORGANIZATIONAL SILENCE (OS) TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (Henny Nurmayani, 2018)

STUDI KESIAPSIAGAAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH DALAM MENGHADAPI BENCANA TSUNAMI DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD HARITS, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy