//

ANALISA KINERJA DAN BIAYA TUNDAAN SIMPANG BERSINYAL JAMBO TAPE KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yenni Afriliya - Personal Name
SubjectLAND TRANSPORTATION - ENGINEERING
ROAD
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Persimpangan jalan adalah daerah umum dimana dua jalan atau lebih bergabung, termasuk jalan dan fasilitas tepi jalan untuk pergerakan lalu lintas di dalamnya. Meningkatnya volume lalu lintas dari waktu ke waktu menyebabkan sinyal lampu lalu lintas tidak efektif lagi dalam mengatur simpang sehingga menimbulkan tundaan dan menurunkan tingkat kinerja persimpangan. Tundaan yang terjadi menyebabkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat kinerja dan menghitung besarnya biaya tundaan pada Simpang Jambo Tape Kota Banda Aceh. Biaya tundaan merupakan tambahan biaya perjalanan yang terjadi sebagai akibat adanya tambahan waktu perjalanan, yang disebabkan oleh pertambahan volume kendaraan. Pengolahan data yang telah didapatkan dilakukan dengan menggunakan metode MKJI untuk menentukan kinerja simpang dan metode Pacific Consultan International (PCI) untuk menghitung biaya tundaan. Berdasarkan hasil pengolahan data maka dapat diketahui kinerja simpang berdasarkan nilai kapasitas, derajat kejenuhan, jumlah kendaraan antri, panjang antrian dan tundaan. Hasil perhitungan diperoleh pada jam puncak pagi yaitu arus tertinggi dengan nilai kapasitas untuk pendekat Utara, Timur, Selatan dan Barat masing-masing adalah 388 smp/jam, 841 smp/jam, 839 smp/jam dan 939 smp/jam. Derajat kejenuhan untuk pendekat Utara, Timur, Selatan dan Barat masing-masing adalah 0,184, 1,210, 1,700 dan 1,156. Jumlah kendaraan antri untuk pendekat Utara, Timur, Selatan dan Barat masing-masing adalah 3 smp, 82 smp, 106 smp dan 84 smp. Panjang antrian untuk pendekat Utara, Timur, Selatan dan Barat masing-masing adalah 20 m, 160 m, 188,24 m dan 152,38 m. Angka henti untuk pendekat Utara, Timur, Selatan dan Barat masing-masing adalah 0,8 stop/smp, 1,86 stop/smp, 1,72 stop/smp dan 1,79 stop/smp. Tundaan untuk pendekat Utara, Timur, Selatan dan Barat masing-masing adalah 56,38 detik/smp, 237,98 detik/smp, 243,05 detik/smp dan 217,7 detik/smp. Tundaan rata-rata untuk seluruh simpang adalah 177,80 detik/smp. Biaya tundaan yang dihabiskan untuk melewati simpang yang paling tinggi adalah sebesar Rp. 8.701,56 /kend atau Rp. 14.930.704.286,89 /kend/tahun. Kata kunci : Tundaan, kinerja simpang, Biaya Operasional Kendaraan, nilai waktu, biaya tundaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL SETELAH PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) DENGAN METODE SIMULASI PADA SIMPANG JAMBO TAPE BANDA ACEH (Dessy Maharani, 2018)

ANALISA KINERJA DAN BIAYA TUNDAAN SIMPANG BERSINYAL JAMBO TAPE KOTA BANDA ACEH (Yenni Afriliya, 2014)

ANALISIS EFEKTIVITAS RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS: SIMPANG JAMBO TAPE DAN SIMPANG LAMPINEUNG) (HERRI ARNANDA, 2019)

PENERAPAN GRAF KOMPATIBEL PADA PENENTUAN WAKTU SIKLUS DAN FASE EKSISTING SIMPANG JAMBO TAPE KOTA BANDA ACEH (Muhammad Fitrahadi Akbar, 2014)

ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK-BERSINYAL DAN BUNDARAN MENGGUNAKAN ARUS IDEAL (MUHAMMAD AZKIA AGUSSA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy