//

KAJIAN PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK DI KAWASAN PASAR ACEH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nora Damayanty - Personal Name
SubjectSPATIAL PLANNING
PEDESTRIAN MALLS - AREA PLANNING
PEDESTRIAN PATHS - AREA PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

KAJIAN PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK DI KAWASAN PASAR ACEH KOTA BANDA ACEH Oleh: NORA DAMAYANTY NIM. 1209200060060 KomisiPembimbing: 1. Ir.Izziah, M.Sc, Ph.D 2. Dr. RenniAnggraini, ST, M.Eng ABSTRAK Ruang terbuka publik di pusat kota merupakan identitas dari sebuah kota, yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, melakukan aktivitas, perdagangan, perayaan, atau sekedar melewatkan waktu luang. Ruang terbuka publik yang dikaji adalah di kawasan Pasar Aceh terdiri dari jalur pedestrian Pasar Aceh lama dan taman Aman Kuba. Tujuan penelitian ini adalah mengindentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan peralihan fungsi ruang terbuka publik dan kesesuaian penataan fasilitas ruang terbuka publik tersebut dengan teori Jhon Lang tentang Komponen dan Indikator Perancangan Taman Kota, RTRW Kota Banda Aceh tahun 2009-2029 serta Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Ruang Pejalan Kaki di Perkotaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed methods) dengan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan fasilitas ruang terbuka publik di kawasan Pasar Aceh belum sesuai dengan Komponen dan Indikator Perancangan Taman Kota, RTRW Kota Banda Aceh tahun 2009-2029 serta Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Ruang Pejalan Kaki di Perkotaan. Hal tersebut diatas menjadi faktor yang menyebabkan peralihan fungsi ruang terbuka publik (taman Aman Kuba dan jalur pedestrian) di kawasan Pasar Aceh. Kurang tegasnya aturan yang mengatur parkir kendaraan bermotor dan para PKL juga merupakan faktor yang menyebabkan peralihan fungsi ruang terbuka publik di kawasan Pasar Aceh. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk perumusan strategi. Dimana diperoleh 3 (tiga) alternatif strategi yang diterapkan yaitu : penerapan aturan tentang penataan dan pemanfaatan ruang terbuka publik di kawasan Pasar Aceh agar tertata dengan baik; penerapan aturan yang tegas dan jelas (law enforcement) akan menertibkan para PKL dan pemilik kendaraan bermotor yang menyalahgunakan ruang terbuka publik; menyediakan sarana dan prasarana penunjang ruang terbuka publik di kawasan Pasar Aceh yang sesuai dengan teori Komponen dan Indikator Perancangan Taman Kota, RTRW Kota Banda Aceh serta Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Ruang Pejalan Kaki di perkotaan. Kata kunci : Ruang terbuka publik, Kawasan Pasar Aceh, Taman Aman Kuba, jalur pedestrian kawasan pasar Aceh, teori Jhon Lang, RTRW Kota Banda Aceh. vi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK DI KAWASAN PASAR ACEH KOTA BANDA ACEH (Nora Damayanty, 2017)

KAJIAN PENATAAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG ACEH DI TINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA BANDA ACEH (indra moulwian, 2015)

KAJIAN SARANA DAN PRASARANA JALUR PEDESTRIAN DI KAWASAN PEUNAYONG, BANDA ACEH (SRIHANDAYANI, 2017)

STUDI EVALUASI KENYAMANAN JALUR PEDESTRIAN PADA KAWASAN LAPANGAN BLANG PADANG KOTA BANDA ACEH (NANDA ULFA, 2018)

PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG DI KORIDOR JALAN TEUKU NYAK ARIEF KOTA BANDA ACEH (DENY CANDRA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy